Jawa Pos

Ratusan Warga Gili Gelar Ater Kajian

-

PROBOLINGG­O – Ratusan warga Desa Gili Ketapang, Kota Probolingg­o, menggelar tradisi kajian. Tradisi tersebut dilaksanak­an satu tahun sekali, tepatnya saat warga Gili hendak berangkat haji. Ratusan sanak keluarga serta para kerabat berbondong mengantark­an mereka.

Diketahui, pada tahun ini, warga Gili yang berangkat ke Tanah Suci mencapai 12 calon jamaah haji (CJH). Uniknya, belasan kapal besar yang dibuat untuk mengangkut CJH beserta rombongan dihias.

Buwari, 46, warga Gili, mengungkap­kan bahwa kegiatan itu merupakan tradisi yang digelar sejak beberapa puluh tahun silam. Pihaknya tak mengetahui secara persis bagaimana awal mulanya.

Namun, berdasar cerita yang didengar dari mulut ke mulut, tradisi tersebut dilakukan dengan maksud memperkuat tali silaturahm­i antarwarga Gili. ”Karena turun-temurun, banyak yang menyebutny­a sebagai tradisi,” katanya.

Pihaknya mengakui, setiap CJH, pasti banyak yang mengantark­annya. Namun, lantaran sudah dijadikan tradisi, di Pulau Gili berbeda, seluruh warga di sana akan ikut mengantark­an CJH.

Selain itu, untuk memberikan apresiasi, biasanya kapal yang digunakan untuk mengantar CJH warga Gili diberi bendera dan dihiasi. Selanjutny­a, belasan kapal tersebut berangkat bersamaan seolah hendak melakukan konvoi.

Supawi, 60, warga Gili, menambahka­n bahwa setelah mengantark­an sanak keluarga hingga ke pelabuhan, ratusan warga itu akan berpencar sesuai dengan tujuannya masing-masing. Misalnya, ada yang hendak berziarah dan rekreasi. ”Yang mengantar ke lokasi pemberangk­atan diwakilkan keluarga terdekat,” terangnya.

Salah satunya adalah rombongann­ya. Sebanyak 60 orang akan pergi ke Pasuruan dan Bangkalan, Madura, untuk berziarah. Setelah itu, kami berpencar sesuai dengan tujuan masing-masing.

Ada bebebrapa remaja yang bermain ke kota dan pasar untuk berbelanja. Ada pula yang pergi berziarah serta ke tempat hiburan lainnya. ”Rombongan saya akan berangkat ke Pasuruan dan Bangkalan untuk berziarah,” tutur Supawi. Dia berharap CJH yang berangkat bisa menjadi haji yang mabrur serta pulang dengan keadaan selamat. (rpd/c24/end)

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? ater
ater

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia