Jawa Pos

Jepang Siapkan Senjata, Guam Sebar Panduan Hadapi Nuklir

Menghitung Hari Ancaman Serangan Korea Utara

-

HAGATNA – Jika melihat tenggat yang dikoar-koarkan Korut, serangan negara yang dipimpin Kim Jong-un itu ke Guam tinggal hitungan hari. Entah terealisas­i atau tidak, pemerintah Jepang, Korea Utara, dan Guam sudah bersiap. Jepang sebagai negara yang bakal dilewati misil Korut telah menyiagaka­n alat-alat penghancur misilnya.

Sabtu (12/8) sistem penghancur misil Patriot Advanced Capability-3 (PAC-3) tiba di pangkalan militer Jepang atau Self Defense Forces (SDF) di Prefektur Shimane, Hiroshima, dan Kochi. Tiga prefektur itu disebut Korut saat mengumbar ancamannya awal pekan lalu. Rencana serangan tersebut matang pada pertengaha­n Agustus. Jika Jong-un setuju, empat misil akan ditembakka­n berturut-turut.

”Alat tersebut bukan untuk menghancur­kan misil (Korut, Red), melainkan hanya untuk berjaga-jaga,” ujar juru bicara SDF. Pengamat senior di perusahaan intelijen swasta Stratfor Sim Tack mengungkap­kan, PAC-3 tak didesain menghancur­kan misil dengan ketinggian maksimal. Alat itu digunakan untuk melindungi area sekeliling­nya seandainya misil Korut jatuh di wilayah Jepang. Jika misil-misil itu terbang sesuai rencana dan jatuh 30–40 kilometer dari perairan Guam, PAC-3 milik Jepang tersebut tak akan difungsika­n.

Selain PAC-3, negara yang di- pimpin Perdana Menteri Shinzo Abe tersebut menyiagaka­n sistem pertahanan misil balistik Aegis. Alat itu ditempatka­n di antara perairan Semenanjun­g Korea dan Jepang. SDF tak mau menyebutka­n di mana lokasi tepatnya. Aegis tak hanya memiliki kemampuan penghancur, tapi juga bisa melacak hingga 100 misil secara hampir bersamaan.

Korea Selatan (Korsel) tak mau mengungkap secara detail persiapan apa yang mereka lakukan. Namun, Menteri Pertahanan Korsel Song Young-moo menegaskan, jika Korut sampai macammacam, mereka bakal membalas secepatnya dengan kekuatan penuh. Saat ini pasukan bersenjata­nya bersiaga.

Rencananya, Presiden Korsel Moon Jae-in menerima kunjungan Kepala Staf Gabungan AS Jenderal Joseph Dunford hari ini. Tidak diketahui dengan pasti apa yang akan mereka bahas. Namun, sangat mungkin, salah satunya adalah masalah Korut. Dunford tak hanya berkunjung ke Korsel, tetapi juga ke Jepang dan Tiongkok. Lawatannya dilanjutka­n ke pangkalan Komando Pasifik AS di Hawaii.

Guam yang menjadi sasaran ancaman Korut juga sudah siap siaga. Joint Informatio­n Center di Guam mengeluark­an peringatan untuk penduduk sejak Sabtu. Tujuannya, warga Guam bersiap jika misil Korut benar-benar mendarat di wilayah mereka. Salah satunya adalah peringatan agar tak melihat langsung pada kilatan ataupun bola api ketika misil mendarat. Sebab, hal itu bisa mengakibat­kan kebutaan.

”Berbaringl­ah dan tutupi kepala kalian. Jika ledakan jaraknya dekat, gelombang akibat ledakan itu bakal sampai 30 detik kemudian.” Demikian bunyi penggalan peringatan tersebut. Menurut Penasihat Keamanan Guam George C ha r f aur o s, misil dari Korut tiba dalam 14 menit setelah ditembakka­n.

Pada hari yang sama, Presiden AS Donald Trump berbicara via telepon dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping. Dia meminta Xi bertindak terhadap Korut. Jumat (11/8) dia juga berbicara dengan Gubernur Guam Eddie Baza Calvo. Trump memastikan bahwa Guam akan aman dan ancaman Korut justru bakal menarik turis ke wilayah tersebut. Pernyataan itu langsung menuai kritikan, termasuk dari penduduk Guam. (Reuters/CNN/sha/c16/any)

 ??  ?? REUTERS SANTAI TAPI WASPADA: Patriot Advanced Capability-3 (PAC-3) yang disiapkan di pangkalan militer Jepang di Konan, Prefektur Kochi (foto kanan). Tidak ada perubahan drastis dalam kehidupan sehari-hari warga Guam. Wisatawan masih memenuhi pulau di...
REUTERS SANTAI TAPI WASPADA: Patriot Advanced Capability-3 (PAC-3) yang disiapkan di pangkalan militer Jepang di Konan, Prefektur Kochi (foto kanan). Tidak ada perubahan drastis dalam kehidupan sehari-hari warga Guam. Wisatawan masih memenuhi pulau di...
 ??  ??
 ?? Sumber: Reuters ?? GRAFIS: RIZKY/JAWA POS
Sumber: Reuters GRAFIS: RIZKY/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia