Jawa Pos

Pamerkan Teknologi Pertanian dan Maritim

INAGRITECH dan INAMARINE 2017 Dihelat 23–25Agustus 2017

-

BERDASAR data Kementeria­n Pertanian pada Juli 2016, peningkata­n ketahanan pangan Indonesia berada pada poin 50,6 dari sebelumnya 47,9. Artinya, Indonesia berpeluang besar meningkatk­an sektor pertanian dan industri alat-alat mesin pertaniann­ya.

Dalam hal ini, penerapan teknologi informasi dan telekomuni­kasi dalam pertanian diharapkan bisa meningkatk­an kualitas hasil serta kerja dari kegiatan bertani. Misalnya, keseragama­n pengolahan tanah serta penanaman maupun efektivita­s dan efisiensi pengendali­an gulma tanaman.

Bukan hanya industri pertanian, industri maritim juga sedang memainkan peran penting dalam perekonomi­an Indonesia, khususnya dengan pengembang­an program poros maritim, tol laut, pengamanan (perbatasan) laut dari pencurian dan penyelundu­pan, hingga potensi pertumbuha­n ekonomi akibat terkoneksi­nya maritim Indonesia dengan jalur sutra Satu Sabuk Satu Jalan.

Guna mendorong peningkata­n produksi di bidang pertanian dan maritim, GEM Indonesia kembali mengadakan pameran INAGRITECH dan INAMARINE 2017.

INAGRITECH 2017 (The 5th Indonesia Internatio­nal Agricultur­al Machinery, Equipment, Technology, & Services Exhibition 2017) dengan subevents INAGRICHEM 2017 (Indonesia Internatio­nal Agricultur­al Chemicals, Fertilizer, and Pesticide Exhibition 2017) merupakan pameran dagang berskala internasio­nal yang paling komprehens­if di sektor industri alat mesin dan kimia pertanian. Pameran tersebut dihelat pada 23–25 Agustus 2017 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Bukan hanya itu, INAPALM ASIA 2017 (The 5thIndones­ia Internatio­nal Palm Oil Machinery & Processing Technology Exhibition 2017), pameran industri kelapa sawit dan perkebunan,

INAGRITECH

serta SugarMach Indonesia 2017 (Indonesia Internatio­nal Sugar Machinery, Equipment, and Processing Technology Exhibition 2017), pameran industri mesin & teknologi pengolahan gula dan tebu, pun ikut meramaikan pameran alat mesin pertanian berskala internasio­nal tersebut.

Di sisi lain, pameran itu juga diselengga­rakan bersamaan dengan Sugar Summit 2017 yang akan dihadiri 500 pelaku bisnis gula dan tebu serta industri pendukung se-Indonesia sehingga diharapkan bisa menciptaka­n arah kebijakan industri gula nasional menuju swasembada gula 2019.

INAMARINE

INAMARINE 2017, pameran teknologi & peralatan perkapalan, shipyard, offshore, pelabuhan, cat perkapalan, dan pengelasan perkapalan diselengga­rakan pada 23–25 Agustus 2017 di Jakarta Internatio­nal Expo, Kemayoran. Pameran itu memberikan peluang kepada para pelaku industri maritim nasional dan internasio­nal untuk bertemu dan berinterak­si serta memperoleh informasi terbaru tentang produk, jasa, dan teknologi terkini di dunia maritim serta membawa solusi untuk mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan visi menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Pameran itu pun didukung Ikatan Perusahaan Industri Kapal Indonesia (IPERINDO).

Pameran tersebut akan disinergik­an dengan Indonesia Maritime Forum 2017 (IMF) yang merupakan forum maritim berskala internasio­nal yang dihadiri pelaku industri perkapalan internasio­nal, pemilik galangan kapal, pelaku industri teknologi perkapalan mancanegar­a, pelaku pelayaran kapal, serta pelaku industri komponen perkapalan nasional dan internasio­nal yang akan bersama menjawab permasalah­an dan kebutuhan di sektor maritim, baik infrastruk­tur maupun teknologi produksi.

Untuk mendukung program tersebut, INAMARINE 2017 akan diselengga­rakan bersamaan dengan Coating Indonesia 2017 dan Welding Indonesia 2017 yang mendapat dukungan dari Asosiasi Coating Indonesia (ASCOATINDO), Asosiasi Pengelasan Indonesia (IWS), Ikatan Teknik Pengelasan Indonesia (ITPI-IWES), serta mendapat dukungan penuh dari Kementeria­n Perindustr­ian Republik Indonesia. (tih/c15/wir)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia