Jawa Pos

Bukit Jalil Masih Berbenah

-

KOMPLEKS olahraga Bukit Jalil bakal menjadi venue utama SEA Games 2017. Namun, belum tampak gebyar multievent dua tahunan itu sejauh pandangan mata Jawa Pos hingga kemarin (13/8). Pada hal, opening

ceremony tinggal lima hari lagi atau 19 Agustus mendatang.

Bendera, spanduk, atau pernik-pernik lain bertema SEA Games juga tidak banyak terpajang. Persiapan juga berlangsun­g hingga kemarin. Mulai area luar Stadion Bukit Jalil hingga dalam stadion.

Keamanan di area Bukit Jalil juga mulai diperketat. Sejumlah titik ditutup untuk mobil pribadi. Salah satu di antaranya, depan persis Jalan Axiata Arena, venue bulu tangkis. Kevin Lama, salah seorang petugas keamanan di Bukit Jalil, mengatakan bahwa kesibukan tidak berubah banyak.

’’Masih dua kali sif sehari, tetap 24 jam pengamanan,’’ kata Kevin kepada Jawa Pos. Sejumlah ruko makanan juga belum beroperasi penuh. Menurut Kevin, baru pekan depan ruko makanan dibuka penuh untuk melayani penonton. Sementara itu, di dalam stadion masih terlihat sejumlah pengisi acara menggelar latihan untuk opening ceremony. Perubahan motif warna single seat juga turut mempercant­ik suasana di dalam. Di belakang kursi terdapat tiang pendek untuk LED yang digunakan untuk kebutuhan upacara pembukaan.

Penutup rumput stadion terpasang. Sekilas rumput terlihat hijau dari tribun atas. Demikian pula halnya dengan lintasan atletik yang menggunaka­n penutup sementara. Di luar arena, disediakan sekitar 2.000 sepeda yang bisa digunakan penonton untuk menuju ke venue satu ke venue yang lain di sekitar kompleks Bukit Jalil.

Muhd Syahmi Faiz, salah seorang volunter, menjelaska­n bahwa sepeda juga terdapat di sejumlah titik pusat kota. ’’Kalau di pusat kota, sepeda ada sejak awal tahun ini,’’ katanya. (*/c4/ady)

Laporan NURIS ANDI P. HENDRA EKA S. dari Kuala Lumpur

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia