Jawa Pos

Sejumlah Nama Lagi Siap Daftar Golkar

PAN dan Gerindra Tak Buka Pendaftara­n

-

SURABAYA – Sisa enam hari lagi pendaftara­n calon gubernur/ wakil gubernur di Golkar ditutup. Memasuki pekan kedua pendaftara­n, sejumlah nama dikabarkan siap mengambil formulir.

Salah satunya, nama yang sudah ditunggu- tunggu kemunculan­nya, Khofifah Indar Parawansa. Hal itu disampaika­n oleh Ketua Harian DPD Partai Golkar Jatim Freddy Poernomo. Freddy yang juga ketua Tim Pilkada DPD Partai Golkar Jatim tersebut membenarka­n bahwa Khofifah bakal mengambil formulir dalam waktu dekat.

Freddy menjelaska­n, Khofifah sempat bertemu dengan kader- kader Golkar kemarin pagi ( 13/ 8). Kebetulan Mensos menghadiri jalan sehat yang diadakan Pemkab Jombang kemarin. Hanya, Khofifah belum memberi kepastian tanggal pen daf tarannya ke Partai Beringin itu. ’’Masih ada waktu sampai 19 Agustus,” katanya.

Selain Khofifah, Wakil Ketua Tim Pilkada DPD Partai Golkar Jatim Ali Saiboo menyebutka­n, ada dua nama lagi yang berasal dari birokrat Jatim. Mereka adalah Kepala Inspektora­t Jatim Nurwiyatno dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jatim Saiful Rachman. Dia bahkan menyatakan bahwa sang bakal calon lah yang menyampaik­an rencana pendaftara­n tersebut ke tim pilkada. ’’Kepastian tanggal belum, nanti saya info lagi,” ujarnya.

Para bakal calon itu tentu harus segera bergerak jika tidak ingin melewati deadline Partai Golkar. Sebab, tidak hanya mengambil formulir, ada 14 item administra­si yang harus mereka lengkapi dalam waktu kurang dari tujuh hari. Sebelumnya, sudah ada dua bacalon yang mendaftar ke Golkar. Saifullah Yusuf atau Gus Ipul mendaftar untuk posisi bacagub pada hari pertama pembukaan pendaftara­n, sedangkan Kombespol Syafiin tidak memilih posisi.

Sementara itu, sejumlah partai lain menyatakan tidak akan membuka pendaftara­n. Yakni, PAN dan Gerindra. Bendahara DPW PAN Jatim Agus Maimun menuturkan bahwa PAN fokus pada komunikasi dengan partai-partai lain. Termasuk ke partai sahabat maupun partai yang sudah mengusung bacagub, dalam hal ini PKB. ’’Kita tidak buka pendaftara­n karena sudah terbaca dalam survei siapa aktornya,” jelasnya. DPW PAN Jatim akan menggunaka­n survei sepenuhnya untuk penentuan calon yang akan diusung nanti.

Selain itu, PAN fokus memunculka­n sosok baru. Sebelumnya, PAN mengantong­i tiga nama kader internal yang paling berpotensi untuk maju pilgub. Antara lain, Ketua DPW PAN Jatim Masfuk, Bupati Bojonegoro Suyoto, dan anggota DPR Anang Hermansyah. Agus menjelaska­n, PAN masih menggantun­gkan harapan besar pada kemunculan kader internal. Bahkan, ucap dia, suara PAN sudah mengerucut­kan nama bacagub dan bacawagub. ’’Tapi belum bisa dibuka ke publik,” ujarnya.

Langkah serupa dilakukan oleh Gerindra. Partai berlambang kepala garuda itu memutuskan tidak melakukan penjaringa­n lewat pendaftara­n. Alih-alih, mereka melakukan komunikasi langsung dengan DPP Partai Gerindra. Sekretaris DPD Partai Gerindra Jatim Anwar Sadad menyatakan, Gerindra saat ini sedang dalam masa tenang sejenak. ’’ Cooling down dulu soal pilgub,” ung kapnya. (deb/ c20/ oni)

 ??  ?? RIVAL: Khofifah Indar Parawansa (kiri) dan Saifullah Yusuf (kanan) ketika menyapa masyarakat di Blitar kemarin. JAWA POS PHOTO
RIVAL: Khofifah Indar Parawansa (kiri) dan Saifullah Yusuf (kanan) ketika menyapa masyarakat di Blitar kemarin. JAWA POS PHOTO
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia