Jawa Pos

Goyang Tiga Pilar di Tugu Pahlawan

-

SURABAYA – Kemarin (13/8) tiga pilar (Muspida) Surabaya bergoyang Maumere di Tugu Pahlawan. Kegiatan tersebut dilangsung­kan dalam rangka perayaan HUT Ke-72 Kemerdekaa­n RI. Dalam acara itu, pimpinan dan staf kenegaraan untuk kali pertama merayakan kemerdekaa­n bangsa secara bersama-sama.

Kegiatan tersebut kali pertama diinisiasi Presiden Joko Widodo. Videonya yang tengah melakukan senam Maumere viral di dunia maya. Hasilnya, senam tersebut kemudian dilakukan serentak oleh para staf kenegeraan di Indonesia. Salah satunya, di Kota Pahlawan.

Acara yang dimulai pukul 15.00 tersebut diikuti segenap staf negara di Surabaya. Mulai pemerintah kota, TNI, polrestabe­s, polres, hingga kejaksaan. Ada pula Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i yang turut serta mengikuti senam tersebut.

Awalnya, mereka melakukan apel lebih dulu. Apel dilangsung­kan ketika jam menunjukka­n pukul 13.00. Pada Sabtu (12/8) para staf kenegaraan terlihat melakukan pemanasan di Tugu Pahlawan.

Risma mengaku, kegiatan itu merupakan kali pertama pertemuan yang bisa dihadiri seluruh fungsi kenegaraan. ’’ Terutama yang bukan pimpinan. Ini merupakan pertama kalinya pertemuan kenegaraan tidak hanya dihadiri pimpinan,’’ ucapnya.

Karena itu, Risma mengatakan senang. Selain digunakan sebagai ajang untuk memeriahka­n HUT RI, acara tersebut merupakan sebuah penyegaran tersendiri. Dia dan seluruh jajarannya bisa menikmati suasana sembari berolahrag­a bersama.

Senam itu diikuti ratusan peserta. Mereka berjejer rapi berdasar seragam. Begitu musik menggema, badan mereka sontak bergoyang.

Dalam kesempatan kali ini, Risma juga memberikan gagasannya dalam memaknai Hari Kemerdekaa­n RI. Banyaknya warga yang berseteru tentang perbedaan ’’ yang dianut membuatnya iba. Kita memang diciptakan Tuhan sebagai makhluk yang berbeda-beda,’’ jelas perempuan kelahiran Kediri tersebut. (bin/c15/ano)

 ?? AHMDA HUSAINI/JAWA POS ?? SERASI: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i memimpin senam Maumere di Tugu Pahlawan kemarin. Ini salah satu bentuk komunikasi Muspida Surabaya secara informal.
AHMDA HUSAINI/JAWA POS SERASI: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i memimpin senam Maumere di Tugu Pahlawan kemarin. Ini salah satu bentuk komunikasi Muspida Surabaya secara informal.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia