Jawa Pos

Tercebur ke Kali, Tawa Malah Pecah

-

SIDOARJO – Warna-warni desa peserta program Desa Melangkah 2017 dalam menyemarak­kan HUT Ke-72 Kemerdekaa­n RI kian beragam. Di Desa Segoro Tambak, Kecamatan Sedati, misalnya. Ada lomba yang menarik, yakni balapan. Bukan balap karung atau balap lari sambil menyunggi tampah, tetapi balapan perahu. Lokasinya di Kali Buntung yang mengarah ke hilir Desa Segoro Tambak.

Kompetisi tersebut mengundang banyak pengunjung. Sejak pukul 10.00 hingga pukul 14.00 penonton berjajar di pinggir-pinggir sungai. Dalam lomba kemarin, ada 13 tim yang bertanding. Di antaranya, tim dari pemerintah desa (pemdes), badan permusyara­tan desa (BPD), LKMD, karang taruna, ibu-ibu PKK, dan kelompok Kotaku Segoro Tambak. Selain itu, ada perwakilan dari setiap RT.

Setiap tim beranggota lima peserta. Peserta pertama adalah pemdes yang melawan BPD. Kepala Desa (Kades) Segoro Tambak Bahrul Ulum pun turut bergabung dalam tim pemdes. Namun, tim pemdes harus mengakui ketangkasa­n tim BPD. ’’ Susah mengarahka­n perahunya,’’ kata Bahrul Ulum setelah mengikuti pertanding­an.

Setiap tim harus menempuh jarak sekitar 150 meter untuk menuju garis finis. Meski rata-rata bekerja sebagai nelayan, lomba balap perahu ternyata tidak semudah yang dibayangka­n. Perahu beberapa kali bertabraka­n dengan lawan. Ada pula yang nyasar ke pinggir sungai. Bahkan, ada yang sampai tercebur ke sungai karena perahu tidak seimbang.

Riuh tawa bercampur tepuk tangan para penonton di pinggir sungai beberapa kali terdengar. Semarak. Meski ada yang tercebur, tetapi aman. Sebab, seluruh peserta wajib mengenakan pelampung. Panitia pun siap membantu saat ada yang tercebur.

Sementara itu, semarak Agustusan juga tampak di lapangan tembak Asrama Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Jatim, Medaeng. Kemarin, lapangan itu sudah ramai sejak pukul 07.00. Anakanak asyik mengikuti beragam lomba. Namun, ada juga lomba yang menarik perhatian. Yakni, lomba memanah yang diikuti ibu-ibu Bhayangkar­i. ”Kalah menang biasa. Menjalin kekompakan dan keakraban antar warga asrama yang lebih utama,” ucap Komandan Kompi IV AKP Muhammad Syeh Maulana. (uzi/han/c15/hud)

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ??
HANUNG HAMBARA/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia