Jawa Pos

Semua CJH Berangkat dari Pendapa

-

SIDOARJO – Keberangka­tan calon jamaah haji (CJH) asal Kota Delta tinggal menghitung hari. Persiapan pemberangk­atan para tamu Allah itu pun terus dilakukan. Salah satunya pemindahan lokasi pemberangk­atan dua kloter pertama. Semula, kloter awal dijadwalka­n berangkat dari lapangan tenis indoor di GOR Delta. Namun, akhirnya diubah ke Pendopo Delta Wibawa.

Kepala Kantor Kementeria­n Agama (Kemenag) Sidoarjo Achmad Rofi’i menjelaska­n, seluruh pemberangk­atan CJH ke Asrama Haji Surabaya bakal dilaksanak­an dari pendapa. Perubahan itu berbeda dengan rencana awal. Sebelumnya, rom- bongan yang masuk kloter 58 dan 69 bakal diberangka­tkan dari lapangan tenis indoor.

Setelah melalui pertimbang­an, lanjut dia, dua kloter tersebut akhirnya diberangka­tkan sama dengan kloter lainnya. Sebab, pemkab sudah menyiapkan fasilitas bagi jamaah dan pendamping sebelum pemberangk­atan. Misalnya, fasilitas musala insidentil dan tempat wudu. ”Jadi sudah disiapkan mulai 16 Agustus untuk pemberangk­atan pertama dari pendapa. Mereka sudah harus tiba pukul 14.00 untuk diberangka­tkan pukul 17.00,’’ jelasnya.

Rofi’i berharap, baik Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) maupun jamaah mandiri, mau menaati imbauan tersebut. Termasuk ketentuan pemberangk­atan koper pada H-1 dari embarkasi. Juga, ketentuan membawa kursi roda milik sendiri sehingga tidak perlu takut diambil petugas. Dia menyatakan, saat ini pihaknya terus mengatur jumlah jamaah berkursi roda dalam satu kloter agar tidak terlalu banyak. Pada kloter 58, misalnya. Tercatat hanya sembilan kursi roda. ”Rata-rata ada tujuh kursi roda di masingmasi­ng kloter. Saya harap memang tidak bertambah, apalagi lebih dari sepuluh,’’ ungkapnya.

Imbauan tersebut, lanjut Rofi’i, dilakukan agar petugas kloter lebih berkonsent­rasi pada seluruh layanan ibadah haji. Jamaah dengan kursi roda yang terlalu banyak bakal membuat petugas makin kewalahan. ’’Dalam pikiran saya, nanti pembagian calon jamaah haji yang punya kondisi seperti ini bisa merata. Dengan begitu, pelayanan pada semua jamaah bisa optimal,’’ terangnya.

Dua kloter pertama yang bakal diberangka­tkan pada 16 dan 19 Agustus nanti merupakan jamaah mandiri. Mereka adalah penyangga dari kloter yang tak terisi. Adapun untuk pemberangk­atan enam kloter lainnya bakal dilaksanak­an pada 20–22 Agustus. (bil/c21/hud)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia