Jawa Pos

PKB Geser Pimpinan DPRD

-

GRESIK – Pergeseran politik mewarnai dinamika internal Partai Kebangkita­n Bangsa (PKB) Gresik. Meski terlihat adem ayem, partai itu dikabarkan akan menggeser kader utamanya di dewan. Wa kil Ketua DPRD Gresik Sholihuddi­n bakal diganti M. Syafi’A.M.

Rencana tersebut memang belum diumumkan secara resmi. Namun, surat pergantian itu dilayangka­n pekan ini. Kabar tersebut mencuat dari internal DPC PKB Gresik kemarin (13/8). Rencana pergantian berawal dari munculnya surat DPP PKB perihal reposisi kursi pimpinan DPRD asal PKB.

Pimpinan DPC PKB juga sudah melayangka­n undangan rapat bersama pimpinan dan anggota Fraksi PKB DPRD Gresik. Jika tidak ada perubahan, DPC PKB segera mengirimka­n surat usul pergantian wakil ketua kepada pimpinan DPRD Gresik. ’’Bahkan, mungkin besok (hari ini, Red) surat langsung diserahkan,’’ kata sumber di internal PKB kemarin.

Pengganti Sholihuddi­n sudah jelas. Meski belum diresmikan, M. Syafi’A.M. hampir pasti akan mengisi kursi tersebut. Kabarnya, pertimbang­annya adalah faktor pengalaman dan senioritas.

Sejumlah petinggi DPC PKB maupun pimpinan Fraksi PKB membenarka­n kabar tersebut. ’’Benar, kami sedang menyiapkan pergantian pimpinan dewan,’’ ujar Sekretaris DPC PKB Imron Rosyadi kemarin.

Dia mengakui, nama suksesor pengisi kursi wakil ketua nanti adalah M. Syafi’A.M. Waktunya belum ditentukan. ’’Semoga dalam bulan ini,’’ tuturnya.

Imron menyatakan, agenda itu merupakan proses pergantian biasa. Selain itu, perombakan tersebut dilakukan karena adanya aturan boleh melakukan pergantian paro waktu. ’’Perubahan ini biasa saja. Spirit pergantian ini adalah optimalisa­si kinerja,’’ jelasnya.

Sekretaris Fraksi PKB DPRD Gresik Sujono belum banyak berkomenta­r. Namun, dia mengungkap­kan bahwa pergantian itu berasal dari munculnya SK DPP PKB. ’’Kepastiann­ya baru dibahas awal pekan depan,’’ terangnya. (ris/c14/roz)

 ?? DOK JAWA POS ?? M. Syafi’A.M.
DOK JAWA POS M. Syafi’A.M.
 ?? DOK JAWA POS ?? Sholihuddi­n
DOK JAWA POS Sholihuddi­n

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia