Jawa Pos

Fasilitasi Warkop Jaringan Internet

Program Pemkab Menuju Smart City

-

GRESIK – Kabar gembira bagi pengelola warung kopi (warkop) di Kota Giri. Pemerintah kabupaten (pemkab) tengah menyiapkan program khusus penyediaan internet bagi warkop.

Lewat program tersebut, pemkab menjajaki pemberian subsidi fasilitas free- wifi di warkopwark­op. Selain pemerataan akses internet di luar area publik, program itu merupakan bagian pengembang­an smart city.

Saat ini pemkab tengah menyusun skema program tersebut. Untuk tahap awal, segera dilakukan pendataan. ”Sejauh ini, kami belum memiliki data riil berapa warkop yang sudah menyediaka­n internet gratis. Karena itu, kami jadwalkan, ada pendataan lebih dulu,” Kata Kabid Pengembang­an e-goverment Diskominfo Gresik Fahry Ady Yamin kemarin.

Dia menjelaska­n, munculnya ide program tersebut tak terlepas dari maraknya warkop di Gresik yang telah menyediaka­n fasilitas internet. Fenomena itu dianggap sudah memberikan sumbangan yang besar terhadap penyediaan fasilitas internet bagi kabupaten tersebut. ”Karena mereka telah membantu, jadi, pemkab ingin memberikan fasilitas,” ujarnya.

Setelah memiliki data jumlah warkop dengan fasilitas internet, pemkab menyiapkan dua program. Pertama, kerja sama penyediaan internet murah dengan operator telekomuni­kasi. Bakal ada harga khusus untuk warkop.

Selain itu, diskominfo memberikan akses informasi kepada masyarakat terkait warkop-warkop mana saja yang sudah memiliki internet gratis. ”Jadi, masyarakat yang membutuhka­n koneksi tinggal merapat ke warkop terdekat,” tutur Fahry.

Meski belum diketahui angka pastinya, jumlah warkop di wilayah Gresik, berdasar data diskoperin­dag-UKM, mencapai 4.700 titik. Dari jumlah itu, sebagian besar telah menyediaka­n fasilitas internet gratis.

Program penyediaan fasilitas internet juga sudah dilakukan pemkab. Salah satunya, area free internet di kawasan publik. Tercatat, hingga saat ini, sudah ada sepuluh titik. Di antaranya, alun-alun, Wahana Ekspresi KRT Pusponegor­o (WEP), dan bundaran GKB. (ris/c24/dio)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia