Jawa Pos

Harapan Palsu buat si Jomblo

-

TEGA benar si pembuat berita hoax mengenai nikah gratis di Masjid Al Akbar Surabaya (MAS). Kabar hoax tersebut bisa jadi membuat mereka yang jomblo sempat menaruh harapan. Sebab, dalam kabar nikah gratis itu disebutkan, mereka yang belum punya pasangan akan disediakan.

Kebanyakan kabar itu tersebar lewat pesan berantai. Ada yang berupa teks. Ada juga yang didesain dalam sebuah poster. Pesan itu berjudul seperti ini, ”Nikah gratis di Masjid Al Akbar Surabaya 25 November 2017”.

Ada banyak fasilitas dalam program nikah gratis untuk 300 pasangan itu. Di antaranya, maskawin, rias pengantin, biaya pendaftara­n nikah ke KUA, uang saku, dan jamuan hidangan. Semua biaya ditanggung oleh Tabarru dari Kuwait. Yang belum punya pasangan pun akan disediakan. Yang berminat diminta segera mendaftar ke Masjid Agung Timur No 1 Pagesangan, Jambangan, Kota Surabaya, Jawa Timur, 60274, dengan membawa fotokopi KTP dan KK.

”Sangat hoax itu. Masak yang nggak punya pasangan akan dicarikan,” kata Humas Masjid Agung Surabaya Helmy M. Noor saat dikonfirma­si kemarin. Setelah mendapatka­n kabar palsu itu, Helmy langsung menangkaln­ya dengan membuat poster bahwa informasi yang beredar hoax.

Kabar nikah gratis juga disebar dengan desain poster. Bedanya, dalam poster itu disebutkan nikah gratis dilaksanak­an di Hotel Sheraton Surabaya. Tanggalnya sama. Kalimat-kalimat lainnya juga sama. Hanya tidak ada kalimat, ”Bagi yang belum punya pasangan akan disediakan”.

Marketing Communicat­ion Executive Sheraton Surabaya Hotel and Tower Hana May Sumampouw mengatakan, tidak ada reservasi dari pihak mana pun terkait kegiatan tersebut. ”Di venue kami, di tanggal yang disebutkan itu tidak ada kegiatan seperti dalam poster itu,” katanya. Dia juga sudah berupaya mengonfirm­asi ke tiga nomor yang disebutkan di poster, namun semuanya tidak tersambung. (gun/eko/c6/fat)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia