Jawa Pos

Keenam atau Malah Tenggelam?

-

Bayern Muenchen mengukir rekor juara Bundesliga lima musim berturut-turut. Mereka pun mengincar gelar keenam secara beruntun pada musim ini. Mampukah? KICKOFF Bundesli ga musim 2017– 2018 bergulir Sabtu dini hari nanti (19/8). Lawan terjal sudah menghadang sang juara bertahan Bayern Muenchen. Mereka harus menjamu Bayer Leverkusen di Allianz Arena, Muenchen. Stefan Effenberg yang merupakan man tan penggawa Bayern justru meragukan bekas klubnya bisa meraih trofi keenam. ’’Mereka (Bayern) pada musim ini akan dikalahkan (Borussia) Dortmund,’’ kata Effenberg dikutip Focus. ’’ Saya belum melihat mereka bermain dengan 100 persen,’’ tambah pria yang memberikan sembilan trofi juara bersama Bayern dalam dua periode, 1990–1992 dan 19982002, itu. Ya, ucapan Effe –sapaan akrab Effenberg– ada benarnya. Sebab, Bayern menatap musim ini dengan performa yang kurang menjanjika­n.

Bahkan, saat berhasil mengalahka­n Borussia Dortmund dalam DFL Supercup lewat adu penalti (6/8), permainan Manuel Neuer dkk dinilai belum meyakinkan. Buruknya pertahanan menjadi persoalan yang belum teratasi. Itu meneruskan catatan buruk mereka selama pramusim. Di antara tujuh laga pramusimny­a, lima pertanding­an harus berakhir dengan kekalahan. Bahkan, hingga pramusim berakhir, gawang tim asuhan Carlo Ancelotti itu kebobolan sebelas gol. Itu menjadi rekor kebobolan Bayern terbanyak pada pramusim dalam lima musim terakhir.

Satu catatan lagi yang membuat Bayern terancam bakal tenggelam pada musim ini adalah faktor Ancelotti. Carletto –julukan Ancelotti– punya pengalaman buruk pada musim kedua. Kutukan musim kedua itu terjadi saat dia berada di Chelsea (2009–2011) dan ketika menjadi entrenador Real Madrid. Tiap musim keduanya, Ancelotti kerap gagal memberikan trofi domestik atau Eropa.

’’Kami lebih bagus daripada musim lalu,’’ klaim Ancelotti.

Keberadaan Peter Bosz di belakang Dortmund bisa menjadi kunci pengganggu musim kedua Ancelotti. Bosz memberikan sentuhan berbeda dari gaya menyerang Die Boruseen –julukan untuk Dortmund. ’’Setidaknya kami ingin memutus gap dengan Bayern,’’ koar kiper Dortmund Roman Buerki dikutip situs resmi Bundesliga. (ren/c4/bas)

 ?? PATRIK STOLLARZ/AFP PHOTO ?? BAKAL TERJAL: Bomber Bayern Muenchen Robert Lewandowsk­i (kanan) berebut bola dengan bek Borussia Dortmund Marc Bartra di Piala Super Jerman (5/8).
PATRIK STOLLARZ/AFP PHOTO BAKAL TERJAL: Bomber Bayern Muenchen Robert Lewandowsk­i (kanan) berebut bola dengan bek Borussia Dortmund Marc Bartra di Piala Super Jerman (5/8).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia