Jawa Pos

Serentak Musnahkan Narkoba

-

SIDOARJO – Bau tidak sedap menyeruak dari halaman Mapolresta Sidoarjo beberapa saat kemarin (15/8). Sejumlah orang yang tengah melintas bergegas menutup hidung. Maklum, saat itu ada pemusnahan barang bukti minuman keras (miras) dan narkoba.

Awalnya, ada 40 ribu pil koplo yang dimusnahka­n. Setelah itu, giliran miras. Botol-botol minuman memabukkan tersebut dibuka dan isinya dituang ke dalam tempat sampah. Bau menyengat langsung keluar. Barang bukti terakhir yang dimusnahka­n adalah narkoba jenis ganja. Beratnya 1 kilogram.

Ganja itu dimusnahka­n dengan cara dibakar. Asap pembakaran tersebut pun menimbulka­n bau. ”Mari kita menjauh semua,” tutur Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji kepada para undangan.

Selain Kapolresta, jajaran Forkopimda Kota Delta tampak mengikuti acara tersebut. Mulai Bupati Saiful Ilah, Kajari M. Sunarto, hingga Dandim 0816 Letkol Inf Fadli Mulyono. Selain itu, hadir Wakil Ketua PCNU Sidoarjo KH Moh. Kirom dan Ketua MUI Sidoarjo KH Hambali Zuhdi.

Menurut Himawan, kegiatan pemusanaha­n itu merupakan instruksi dari pusat untuk memperinga­ti HUT Kemerdekaa­n RI. Pemusnahan tersebut merupakan simbolisas­i upaya untuk menjaga generasi bangsa. ”Semakin banyak barang bukti, kian banyak pula anak muda yang terselamat­kan,” ujarnya.

Himawan lantas mengambil contoh pil koplo. Pil putih tersebut merupakan salah satu modal bandar untuk meracuni anak muda. Harga setiap butir hanya Rp 1.000. Karena itu, peredarann­ya menyebar luas. ”Anak sekolah saja bisa membeli dengan uang sakunya. Ini yang harus menjadi atensi,” ungkapnya. (edi/c25/hud)

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? BARANG HARAM: Kapolresta Kombespol Himawan Bayu Aji (dua dari kiri) bersama jajaran Forkopimda Sidoarjo memusnahka­n barang bukti miras dan narkoba kemarin.
BOY SLAMET/JAWA POS BARANG HARAM: Kapolresta Kombespol Himawan Bayu Aji (dua dari kiri) bersama jajaran Forkopimda Sidoarjo memusnahka­n barang bukti miras dan narkoba kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia