Jawa Pos

Tuah Baju Pemberian Kepala Suku

-

ACARA bagi-bagi sepeda ala Presiden Jokowi membuat upacara HUT Ke-72 RI kemarin kian seru. Sepeda itu diberikan presiden ketujuh RI tersebut kepada menteri, pejabat, dan peserta upacara yang mengenakan pakaian adat paling menarik.

Jokowi mengumumka­n sendiri lima pemenang setelah upacara pagi

Juara pertama adalah Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Dia tampil heboh dengan pakaian perang dari Nias. Pemenang kedua adalah Ketua DPD Oesman Sapta Odang dengan baju adat Minangkaba­u.

Berikutnya, asisten ajudan presiden Iptu Syarif Muhammad Fitriansya­h (Dayak, Kalimantan Barat); Tri Suswati, istri Kapolri Jenderal Tito Karnavian (adat Papua); dan Agati Suli, istri Wakil Ketua MPR Mahyudin (adat Dayak), menempati peringkat ketiga sampai kelima. Mereka semua diminta maju ke podium utama untuk menerima hadiah sepeda dari Jokowi.

”Sepeda ini sejarah. Bukan soal harganya, tapi sejarah di 17-an di istana saya dapat hadiah. Nanti sampai cucu saya bisa naik sepedanya,” kata Oesman.

Dia mengungkap­kan, pakaian adat Minangkaba­u yang dikenakann­ya kemarin bukan sembaranga­n. Dia bisa mengenakan pakaian itu karena pernah mendapat gelar datuk.

”Ribet pakainya. Makanya ini mau cepat pulang,” ujar pria kelahiran Sukadana, Kalimantan Barat, itu.

Yasonna tidak kalah terkesan mendapat hadiah sepeda dari Jokowi kemarin. Dia menyebut hal itu tidak lepas dari tuah baju perang dari Nias Selatan yang dipakainya. Baju bernuansa merah tersebut istimewa karena pemberian kepala suku di Nias Selatan. ”Sebenarnya ini ada pedang, tombak, dan baluse, satu perisai,” ungkapnya.

Senang dan bangga juga disampaika­n Tri Suswati yang mengenakan baju adat Papua. Dia mengaku sudah punya baju itu sejak 2012. Tepatnya saat Tito Karnavian masih menjadi Kapolda Papua. ”Senang, surprised karena kita akhirnya bisa bahagiakan temanteman kita di Papua. Memperkena­lkan baju adat mereka. Saya cinta banget sama Papua,” ujarnya. (jun/c5/ang)

 ?? RAKA DENNY/JAWAPOS ?? BAJU PERANG: Menkum HAM Yasonna Laoly bersama istri Elisye Widya Ketaren mengenakan baju adat Nias dan Karo kemarin.
RAKA DENNY/JAWAPOS BAJU PERANG: Menkum HAM Yasonna Laoly bersama istri Elisye Widya Ketaren mengenakan baju adat Nias dan Karo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia