Jawa Pos

Lebih Meriah ketimbang Ibu Kota Kabupaten

-

CUMA ada tiga gang di Miangas. Dengan penghuni hanya 700-an jiwa. Tapi, jangan tanya soal kemeriahan Hari Kemerdekaa­n Indonesia

Begitu Jawa Pos turun dari speedboat dan menjejakka­n kaki di Miangas pada Rabu pagi (16/8), sudah ada perhelatan bola voli di lapangan desa. Pesertanya para ibu dan gadis. Ramai tentu saja. Penuh teriakan dan tawa.

Keriangan itu pun tidak hanya berhenti saat pagi. Tapi, berlanjut sampai siang dan malam. Setelah voli, digelar pertanding­an sepak bola yang menyedot atensi seluruh penghuni pulau di Samudra Pasifik yang cuma terpisah empat jam dari Filipina tersebut.

Semua warga tumplek bleg di lapangan. Nyaris seluruh rumah di Miangas ditinggal penghuniny­a ke lapangan. ”Selain sepak bola, voli, kami juga menggelar lomba sepak takraw dan tarik tambang,” kata Kepala Desa Miangas Panjaitan Essing.

Bukan hanya perlombaan, tiga gang utama di Miangas semarak dengan bendera Merah Putih dan umbul-umbul dengan warna sama. Pendek kata, Merah Putih berkibar di setiap sudut daratan kecil yang bisa selesai dikeliling­i dalam waktu sejam tersebut.

Miangas memang menyendiri. Terpisah ratusan kilometer dari ibu kota kabupaten dan provinsi. Bahkan, ribuan kilometer dari ibu kota negara. Tapi, denyut perayaan kemerdekaa­n bahkan jauh melebihi suasana di ibu kota Kabupaten Kepulauan Talaud, Melonguane.

Miangas merupakan bagian dari Kabupaten Talaud. ”Jujur, suasananya memang jauh lebih meriah di Miangas daripada Melonguane,” kata Komandan Pos TNI-AL Miangas Letda Jimmi M. Siregar saat berbincang dengan Jawa Pos di Pelabuhan Melonguane.

Kesan Jimmi itu juga dirasakan Jawa Pos. Sebelum menyeberan­g ke Miangas, Jawa Pos sempat tinggal dua hari di Melonguane. Situasi di Melonguane memang lebih tenang dalam menyambut perayaan kemerdekaa­n.

Jawa Pos juga sempat berkelilin­g ke Beo, Pulutan, dan Melonguane Timur yang berada dalam satu pulau dengan Melonguane: Karakelang. Situasinya memang tak seberdenyu­t Miangas yang menyendiri di tengah Pasifik. (*/c10/ttg)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia