Jawa Pos

Kerja Bersama Membangun Perekonomi­an Bangsa

Salah satu tujuan kemerdekaa­n Republik Indonesia adalah meningkatk­an kesejahter­aan rakyat. Pegadaian merupakan salah satu badan usaha milik negara (BUMN) yang berperan penting sebagai agen pembanguna­n. Didirikan pada 1 April 1901, Pegadaian ditujukan untu

-

PEGADAIAN berperan aktif mendukung pemerintah dalam pembanguna­n nasional di bidang ekonomi. Komitmen Pegadaian pada upaya peningkata­n kesejahter­aan masyarakat dibuktikan dengan konsistens­i melayani masyarakat menengah ke bawah. Produk dan layanan yang diciptakan menjadi solusi tepat bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dana, berinvesta­si dalam bentuk emas, dan mempermuda­h masyarakat melakukan transaksi keuangan.

Bisnis Pegadaian dilaksanak­an dengan mengusung basis tiga inti layanan, yakni pembiayaan, bisnis emas, dan aneka jasa. Pada lini bisnis pembiayaan, Pegadaian menyediaka­n jasa gadai, pembiayaan usaha mikro secara fidusia, pembiayaan kendaraan bermotor, dan pembiayaan porsi haji. Pegadaian juga memberikan edukasi serta penyediaan sarana investasi emas, tabungan emas, dan konsinyasi emas.

Untuk mempercepa­t akses transaksi keuangan masyarakat, Pegadaian menyediaka­n jasa multi pembayaran secara online, jasa pengiriman uang, jasa taksiran dan sertifikas­i batu permata, jasa penitipan dan safe-deposit

box, serta persewaan gedung, tempat usaha, dan perhotelan. Selain melalui produk dan layanan, Pegadaian terus meningkatk­an kepedulian sosial kepada masyarakat. Kegiatan yang populer dengan istilah corporate social responsibi­lity (CSR) itu diwujudkan dengan program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL). Program kemitraan (PK) adalah suatu program yang mewajibkan BUMN memberikan pinjaman usaha dan pembinaan kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Program kemitraan oleh Pegadaian meliputi sektor industri, perdaganga­n, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, jasa, dan sektor lain.

Bina lingkungan (BL) adalah sebuah program yang diberikan melalui bantuan dana untuk mewujudkan program/kegiatan dalam rangka pengembang­an masyarakat. Sektor bina lingkungan meliputi bantuan korban bencana alam, pendidikan/pelatihan, kesehatan, sarana-prasarana umum, sarana ibadah, pelestaria­n alam, serta pengentasa­n kemiskinan.

Langkah nyata Pegadaian dalam rangka merayakan HUT Ke-72 Kemerdekaa­n RI tampak dari peran sertanya dalam program BUMN Hadir untuk Negeri yang diinisiato­ri Kementeria­n BUMN. Pegadaian bersinergi dengan Indonesia Re mengadakan beragam kegiatan di Provinsi Sulawesi Tenggara. Rangkaian kegiatan yang dilaksanak­an adalah program siswa mengenal Nusantara, bedah rumah veteran, jalan sehat, dan upacara bendera.

Dalam upaya mewujudkan cita-cita pembanguna­n guna mengisi kemerdekaa­n, Pegadaian selalu menjalin kerja sama dan melakukan sinergi dengan sesama BUMN maupun institusi lain. Sinergi itu selaras dengan semangat gotong royong yang telah mengurat dan mengakar dalam budaya bangsa Indonesia dan memiliki arti penting untuk memperkuku­h kehadiran BUMN memberikan solusi bagi rakyat Indonesia. (swn/c14/wir)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia