Jawa Pos

DUKUNG UMKM UNTUK BERKEMBANG

-

SUNNIATI langsung sujud syukur ketika namanya dipanggil sebagai pemenang pertama dalam Bank Jatim Peduli UMKM Awards dan mendapatka­n uang tunai Rp 25 juta di acara perayaan HUT RI dan HUT Bank Jatim kemarin (17/8). Ia tak menyangka usaha Abon Hj Sun yang baru dirintisny­a selama setahun tersebut langsung mendapat sambutan positif. Bahkan, perempuan asal Probolingg­o tersebut menangis haru.

Hari itu, Sunniati didampingi anaknya, Fathony, menceritak­an jatuh-bangunnya ketika merintis usaha. ”Dulu saya memproduks­i abon sedikit sekali karena kendala modal. Lalu ada program bunga ringan dari Bank Jatim, saya langsung ikut dan sangat terbantu,” tuturnya.

Fathony membenarka­n penuturan ibunya. Menurutnya, Bank Jatim berperan besar dalam mendorong usaha keluargany­a. ”Kalau nggak ada Bank Jatim, kami pasti

nggak akan pernah bisa mengembang­kan usaha hingga sebesar ini dalam waktu relatif singkat. Saat ini, kami bisa meraup omzet hingga Rp 40 juta tiap bulan dan menembus pasar di luar Jawa Timur, seperti Jakarta, Batam, hingga Bali,” ujarnya.

Selain Sunniati, terdapat tiga UMKM lain yang muncul sebagai pemenang setelah disaring dari 35 peserta lain. UMKM tersebut berasal dari berbagai kabupaten dengan bermacam produk mulai alat kebersihan rumah tangga, batik, hingga tenun. Juara 2, 3, dan harapan masing-masing mendapatka­n Rp 20 juta, Rp 15 juta, dan Rp 10 juta.

”Kami mendukung penuh segala bentuk wirausaha atau UMKM yang dijalankan masyarakat,” ungkap Soeroso. Ia menambahka­n bahwa lewat dukungan itu, Bank Jatim turut berperan serta dalam mendorong pertumbuha­n ekonomi khususnya di Jawa Timur. (ree/xav)

 ?? YUYUNG ABDI/JAWA POS ?? DORONG PERTUMBUHA­N EKONOMI: Direktur Utama Bank Jatim R. Soeroso (tiga dari kiri) bersama pemenang Bank Jatim Peduli UMKM Awards.
YUYUNG ABDI/JAWA POS DORONG PERTUMBUHA­N EKONOMI: Direktur Utama Bank Jatim R. Soeroso (tiga dari kiri) bersama pemenang Bank Jatim Peduli UMKM Awards.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia