Jawa Pos

Alibaba Injeksi Rp 14 Triliun ke Tokopedia

-

JAKARTA – Alibaba Group, raksasa asal Tiongkok, memperbesa­r pangsa pasarnya di Asia Tenggara. Setelah menambah investasi ke Lazada hingga USD 1 miliar dan menguasai saham Lazada sampai 83 persen, Alibaba berinvesta­si ke e-commerce Indonesia, Tokopedia.

CEO Tokopedia William Tanuwijaya menyatakan, investasi yang dipimpin Alibaba di Tokopedia mencapai USD 1,1 miliar atau sekitar Rp 14 triliun. ’’Kami benar-benar selektif dalam memilih investor. Alibaba akan menjadi pemegang saham minoritas di Tokopedia,’’ katanya saat perayaan HUT Ke-8 Tokopedia di Jakarta kemarin (17/8).

Dana yang diperoleh Tokopedia itu, lanjut William, akan digunakan untuk membangun pusat riset. William bercita-cita menjadikan pusat riset tersebut sebagai pusat penelitian ekonomi digital terbaik dan terbesar di Asia Tenggara. Selain itu, dia ingin mengaksele­rasi pertumbuha­n lebih dari 2 juta merchant dan membangun lapangan pekerjaan baru.

Investasi dari Alibaba sekaligus mematahkan isu yang beredar mengenai rencana akuisisi e-commerce asal Tiongkok lainnya, JD. com, terhadap Tokopedia. Isu akuisisi tersebut berembus sejak Mei 2017. Selain itu, isu akuisisi Alibaba terhadap Tokopedia terbantahk­an. Alibaba masih menjadi pemegang saham minoritas.

’’Jadi, dengan ini saya katakan, semua isu itu tidak benar. Kami tidak pernah berencana membangun perusahaan untuk dijual,’’ tutup William.

CEO Alibaba Group Daniel Zhang menuturkan, Alibaba Group dan Tokopedia memiliki kesamaan visi untuk membantu UMKM dalam kesuksesan usahanya. ’’Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Tokopedia untuk melayani masyarakat Indonesia,’’ ucapnya. (rin/c18/sof)

 ??  ?? e-commerce
e-commerce

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia