Jawa Pos

Kapal Peneliti Bangkai Paus Disapu Ombak

-

TRENGGALEK – Penelitian bangkai paus di Pantai Genjor, perbatasan antara Tulungagun­g-Trenggalek, sedikit mengalami kendala. Kapal nelayan yang ditumpangi tim peneliti disapu ombak. Akibatnya, tim harus berenang untuk sampai ke darat.

Berdasar informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Trenggalek, Rabu (16/8) pukul 15.30 enam orang dari anggota UPT DPK Popoh, BPSL Denpasar, PSDKP Prigi, dan nelayan, masing-masing satu orang, serta dua personel TNL-AL berangkat dari Pantai Popoh, Tulungagun­g, dengan menggunaka­n kapal nelayan Selar Jaya Abadi. Itu dilakukan karena lokasi bangkai bayi paus sulit ditempuh dengan jalur darat.

Namun, ketika seluruh tim turun, yaitu pukul 17.30, tiba-tiba perahu tersebut di- hantam ombak. ”Mungkin karena panik, saat itu nahkoda yang ada di perahu langsung turun dan berlari ke tepi Pantai Genjor,” ungkap Koordinato­r Pos SAR Trenggalek Asnawi Suroso kemarin.

Dia melanjutka­n, setelah peristiwa tersebut, keenamnya langsung meminta pertolonga­n dari petugas. Sebab, saat itu kondisi perahu rusak sehingga tidak bisa dibawa berlayar kembali.

Bersamaan degan itu, petugas dari tim SAR gabungan yang terdiri atas pos Sar Trenggalek, TNI-AL, Polair, dan Syahbandar Prigi langsung meluncur ke lokasi untuk melakukan pertolonga­n.

Namun, karena hari sudah beranjak malam dan gelombang air laut dimungkink­an tinggi, evakuasi dilakukan melalui darat dengan bantuan kendaraan yang memadai. ”Fokus kami adalah penumpang. Jadi, saat itu juga langsung diadakan pertolonga­n dengan membawanya ke PSDKP Prigi dan saat ini (kemarin (17/8), Red) mereka telah beraktivit­as,” ucap Asnawi.

Seekor bayi paus mati terdampar di wilayah Pantai Genjor yang merupakan perbatasan antara Kecamatan Watulimo, Trenggalek, dan Kecamatan Besuki, Tulungagun­g. Penemuan itu bermula dari laporan nelayan yang melihat paus terdampar di wilayah Pantai Genjor. Bertepatan dengan itu, anggota dari Posmat TNI-AL Prigi dan Popoh, bersama Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Prigi langsung menuju lokasi untuk mengecek kebenaran laporan tersebut. (jaz/and/c24/diq)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia