Jawa Pos

Usai Jalani Pemulihan, Sepasang Ikan Hiu Dimerdekak­an

-

BANYUWANGI – Sepasang hiu sirip hitam dilepaslia­rkan oleh para nelayan di rumah apung Bangsring Underwater (Bunder), Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, kemarin (17/8). Sepasang hiu itu ’’dimerdekak­an’’ setelah menjalani masa pemulihan selama delapan bulan.

Sebelumnya, anak ikan hiu tersebut tidak sengaja tersangkut jaring nelayan beberapa bulan lalu. Saat ditemukan, hiu itu mengalami luka.

Hiu yang diberi nama Mahardika dan Mahardini tersebut kemudian dirawat di klinik hiu yang dikelola nelayan Kelompok Nelayan Samudera Bakti, Desa Bangsring. Selama menjalani pemulihan, kondisi tubuh dua hiu itu meningkat. Lukanya membaik hingga akhirnya sembuh total.

’’Kami sengaja melepaslia­rkan sepasang hiu tersebut tepat pada HUT RI agar pengunjung juga dapat menyaksika­n kegiatan itu,’’ ungkap Manajer Bangsring Underwater Sukirno.

Menurut Sukirno, hiu tersebut merupakan penyerahan dari nelayan setempat. Saat kali pertama diserahkan, hiu terluka parah.

’’Jika hiu yang tidak sengaja tersangkut jaring masih sehat dan gesit, tentu akan langsung dirilis saat itu juga. Kalau hiu yang kena jaring itu terluka, maka akan dikarantin­a guna pemulihan lebih lanjut,’’ jelas Sukirno.

Sementara itu, pelepaslia­ran hiu tersebut disambut tepuk tangan kemeriahan para pengunjung rumah apung. Pelepasan hiu juga diwarnai dengan atraksi para nelayan yang menyelam di bawah laut. Nelayan yang dibantu para pengunjung juga membentang­kan bendera Merah Putih di bawah air sambil mengiringi kemerdekaa­n hiu tersebut.

’’Senang sekali rasanya bisa terlibat dalam kegiatan rilis hiu ini karena bertepatan juga dengan hari kemerdekaa­n,’’ ujar Sulastri, 30, pengunjung asal Kecamatan Genteng. (cw2/ bay/c19/diq)

 ?? KRIDA HERBAYU/JAWA POS RADAR BANYUWANGI ?? KE ALAM: Hiu yang sudah sehat dilepaslia­rkan di rumah apung Bangsring Underwater, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, kemarin (17/8).
KRIDA HERBAYU/JAWA POS RADAR BANYUWANGI KE ALAM: Hiu yang sudah sehat dilepaslia­rkan di rumah apung Bangsring Underwater, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, kemarin (17/8).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia