Jawa Pos

Bekerja untuk Kaum Muda, Siap Inspirasi Nilai-Nilai Pancasila

Peringatan Hari Kemerdekaa­n Ke-72 Republik Indonesia menjadi momentum bagi DPRD Kota Surabaya untuk semakin memupuk rasa nasionalis­me masyarakat Kota Pahlawan. DPRD Kota Surabaya Gelar Sinau Bareng Cak Nun dan Kiai Kanjeng

-

SEBUAH acara khusus bertajuk Sinau Bareng Cak Nun, DPRD Kota Surabaya, dan Kiai Kanjeng dihelat untuk mewujudkan­nya. Event istimewa tersebut dihelat pada 19 Agustus 2017 mulai pukul 19.30 WIB di halaman kantor DPRD Kota Surabaya Jalan Yos Sudarso 18-22.

Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji mengatakan bahwa event tersebut merupakan salah satu serangkaia­n acara yang dilakukan DPRD Kota Surabaya dalam memperinga­ti Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaa­n Ke-72 Republik Indonesia. Sekaligus memperinga­ti tiga tahun dilantikny­a seluruh anggota DPRD Kota Surabaya periode 2014-2019.

”Ini merupakan kegiatan rutin yang dihelat DPRD Kota Surabaya setiap tahunnya. Dua tahun lalu kami menggelar wayangan. Kali ini, kami sedikit berganti suasana dengan menggelar Sinau Bareng Cak Nun dengan Tema Pancasila Jiwa Kita,” ujar Cak Ji, sapaan Armuji.

Dipilihnya tema Pancasila Jiwa Kita sudah sangat relevan bagi Indonesia. Sebab, sebagai pemersatu bangsa, Pancasila harus terus dikumandan­gkan dan ditanamkan di Negara yang memiliki 742 bahasa dan 1340 suku ini. ”Ini merupakan salah satu ikhtiar politik dari wakilnya arek-arek Suroboyo dalam menancapka­n kembali secara kokoh apa yang menjadi

atau dasar filsafat dari didirikann­ya negara Indonesia,” kata Cak Ji.

Pemilihan Cak Nun sebagai pembicara memiliki tujuan khusus. Sebagai seorang budayawan, Cak Nun dikenal mampu memberikan wawasan-wawasan yang visioner. Diharapkan hadirnya Cak Nun mampu membumikan nilai-nilai Pancasila di kalangan masyakat.

Melalui tersebut, DPRD Kota Surabaya juga ingin mengajak masyarakat kembali memperkoko­h posisi Pancasila sebagai dasar dan ideologi bangsa. Sebab, pemahaman akan pentingnya arti Pancasila di masyarakat kini semakin pudar. Hal itu tercermin dari fenomena-fenomena yang kerap mengganggu kerukunan berbangsa dan bernegara. Salah satunya adalah fenomena intolerans­i.

Menyadari hal itu, Cak Ji pun sangat menyayangk­an. Menurutnya, hal ini disebabkan karena mereka lupa bahwa Indonesia ini dibangun oleh semua untuk semua atas dasar Pancasila. ”Untuk itu, Kami di DPRD Kota Surabaya merasa punya peran serta tanggung jawab dalam menggalakk­an kembali nilai-nilai Pancasila di masyarakat. Paling tidak, kami menyadarka­n bahwa pentingnya arti Pancasila bagi negara Indonesia,” tambahnya.

Sebelum ini, berbagai upaya telah dilakukan DPRD Kota Surabaya demi memupuk rasa nasionalis­me dan nilai-nilai Pancasila. Salah satunya dengan memberikan edukasi Pancasila. Setiap kali reses, para anggota DPRD Kota Surabaya kerap memberikan wawasan serta edukasi nilai-nilai Pancasila. Hal itu dilakukan agar masyarakat Surabaya bisa mengingat betapa pentingnya arti Pancasila bagi Indonesia.

”Dari hal yang kecil pun harus kita ingatkan, supaya mereka tidak disibukkan dengan kegiatan yang jauh dari nilai Pancasila. Nilai-nilai dari Pancasila harus kita angkat dan kita pupuk sejak dini supaya anak-anak kelak bisa menjadi pribadi yang berlandask­an Pancasila,” papar politikus PDI Perjuangan tersebut.

Cak Ji ingin masyarakat memiliki itikad baik untuk mengamalka­n nilai-nilai Pancasila setelah mengikuti Pancasila merupakan harga mati sebagai dasar negara Indonesia.

Jika Pancasila direalisas­ikan ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, maka cita-cita Indonesia menjadi negara yang aman dan sejahtera pun dapat terwujud. Dalam hal beragama misalnya. Masyarakat bisa menjadikan sila pertama menjadi pedoman agar terwujud toleransi yang baik antar agama. ”Tak perlu saling mencaci maki dan mengolokol­ok saudara kita yang berbeda agama,” pungkas Cak Ji.

Dari hal yang kecil pun harus kita ingatkan, supaya mereka tidak disibukkan dengan kegiatan yang jauh dari nilai Pancasila. Nilai-nilai dari Pancasila harus kita angkat dan kita pupuk sejak dini supaya anak-anak kelak bisa menjadi pribadi yang berlandask­an Pancasila.” Armuji, Ketua DPRD Kota Surabaya

 ??  ??
 ??  ?? Sinau Bareng Cak Nun, DPRD Kota Surabaya, dan Kiai Kanjeng.
Sinau Bareng Cak Nun, DPRD Kota Surabaya, dan Kiai Kanjeng.
 ??  ?? philosofis­che grondslag event NKRI HARGA MATI: Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji (tengah, berdiri) giat menanamkan nilai-nilai Pancasila, salah satunya dengan berkomunik­asi intens dengan anggota Pramuka (foto bawah). Wawasan-wawasan Cak Nun yang visioner...
philosofis­che grondslag event NKRI HARGA MATI: Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji (tengah, berdiri) giat menanamkan nilai-nilai Pancasila, salah satunya dengan berkomunik­asi intens dengan anggota Pramuka (foto bawah). Wawasan-wawasan Cak Nun yang visioner...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia