Jawa Pos

Kebahagiaa­n Merayakan Kemerdekaa­n

Surabaya Peringati HUT Ke-72 RI

-

SURABAYA – Usianya tepat disebut sepuh, 76 tahun. Sebenarnya melihat upacara bendera di Istana Negara lewat layar televisi akan lebih bersahabat untuk fisiknya. Namun, kemarin (17/8) Njoto Djoyo dan sang istri memilih datang ke Pasar Atum Mall. Mereka ikut upacara bendera HUT Ke-72 Kemerdekaa­n RI. Bukan kali pertama, tapi untuk kali kesekian.

’’Kemerdekaa­n itu sebuah kebahagiaa­n. Kalau ikut seperti ini, saya merasa terharu,” ujar pemilik nama Tionghoa A Tjhay tersebut.

Kebahagiaa­n Njoto mungkin juga dirasakan lebih dari 3.000 peserta upacara di pelataran Pasar Atum Mall. Sebagian besar peserta berasal dari Paguyuban Tionghoa Surabaya serta para pedagang di Pasar Atum dan Pasar Atum Mall.

Kehadiran peserta upacara itu seolah mewakili lirik lagu Pemuda Indonesia. Lagu tersebut dibawakan Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Indonesia (YHMCHI) dan Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI). Liriknya seperti ini: Jangan tanya kami suku apa. Jangan tanya agama kami apa. Jangan tanya kami dari golongan mana. Kami hanyalah satu, pemuda Indonesia, pembela Pancasila yang sejati.

Upacara yang digelar PT Prosam Plano itu dipimpin Mayjen TNI Marinir (pur) Halim A. Hermanto. Halim yang juga perwakilan dari PT Prosam Plano mengatakan, upacara tahun ini mengambil tema Bhinneka Tunggal Ika. ’’Untuk menggambar­kan tema itu, sebagian petugas upacara mengenakan pakaian adat dari Sabang sampai Merauke,” terangnya.

Sejumlah tamu hadir dalam upacara tersebut. Termasuk Wakil Konjen Tiongkok Liu Qiang. Hadir juga mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan dan istrinya, Nafsiah. Nafsiah ikut dalam barisan paduan suara.

Perayaan kemerdekaa­n Indonesia juga dirasakan anak-anak berkebutuh­an khusus (ABK) dan anak jalanan. Ada 15 anak yang berbakat melukis. Kemarin mereka memamerkan 25 lukisan di Visma Art & Design Gallery. Pameran bertajuk Believe#6 Freedom tersebut dibuka langsung oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i.

Risma bangga dengan karya-karya ABK dan anak jalanan dari Pondok Sosial Kalijudan & Kampung Anak Negeri Wonorejo. ’’Keberagama­n yang indah,” komentarny­a.

Ketua Perhimpuna­n Indonesia-Tionghoa (Inti) Jawa Timur Gatot Seger Santoso yang kemarin hadir mengatakan bangga melihat pameran tersebut. Selain bebas menuangkan ide, karya itu membuktika­n bahwa mereka memiliki kepercayaa­n diri yang tinggi. ’’Lukisannya bagus-bagus. Ekspresiny­a begitu kuat,” ungkap Gatot.

Hampir semua instansi merayakan HUT Ke-72 RI dengan berbagai cara kemarin. Demikian juga segenap warga Surabaya. Semuanya menghadirk­an semangat kebersamaa­n dan kesatuan. Dirgahayu Republik Indonesia! (gun/esa/bri/c7/jan)

 ?? ZAIM ARMIES/JAWA POS ?? SETAHUN SEKALI: Anton Rusdianto bersama anak panti asuhan As Habul Kha-fi mengikuti lomba panjat pinang di daerah Mulyosari. Mereka semua berasal dari Sulawesi.
ZAIM ARMIES/JAWA POS SETAHUN SEKALI: Anton Rusdianto bersama anak panti asuhan As Habul Kha-fi mengikuti lomba panjat pinang di daerah Mulyosari. Mereka semua berasal dari Sulawesi.
 ?? ALLEX QOMARULLAJ­AWA POS ?? KIRIM DOA: Apel Penghormat­an dan Renungan Suci digelar kemarin dini hari di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa. Acara tersebut dipimpin Gubernur Jawa Timur Soekarwo.
ALLEX QOMARULLAJ­AWA POS KIRIM DOA: Apel Penghormat­an dan Renungan Suci digelar kemarin dini hari di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa. Acara tersebut dipimpin Gubernur Jawa Timur Soekarwo.
 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? PAKAI BAJU DAERAH: Dari kiri, Hartono, Nico, Trisna, Sheeren, dan Ilham. Mereka adalah karyawan Pasar Atum Mall yang menjadi petugas upacara pada peringatan HUT Ke-72 RI kemarin.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS PAKAI BAJU DAERAH: Dari kiri, Hartono, Nico, Trisna, Sheeren, dan Ilham. Mereka adalah karyawan Pasar Atum Mall yang menjadi petugas upacara pada peringatan HUT Ke-72 RI kemarin.
 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? SELAMAT ULANG TAHUN: Dahlan Iskan (tengah) didampingi istri, Nafsiah, bersama anggota paduan suara Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Indonesia (YHMCHI) dan Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI). Mereka menggelar syukuran sederhana ulang tahun Dahlan di Tristar Internatio­nal Restaurant.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS SELAMAT ULANG TAHUN: Dahlan Iskan (tengah) didampingi istri, Nafsiah, bersama anggota paduan suara Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Indonesia (YHMCHI) dan Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI). Mereka menggelar syukuran sederhana ulang tahun Dahlan di Tristar Internatio­nal Restaurant.
 ??  ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS PUKUL 10 PAGI: Penembakan meriam sebanyak 17 kali yang dilakukan oleh Batalyon Howitzer I Marinir Resimen Artileri untuk peringatan detik-detik proklamasi di Taman Prestasi.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS PUKUL 10 PAGI: Penembakan meriam sebanyak 17 kali yang dilakukan oleh Batalyon Howitzer I Marinir Resimen Artileri untuk peringatan detik-detik proklamasi di Taman Prestasi.
 ??  ?? GALIH COKRO/JAWA POS BANGGA: Wali Kota Tri Rismaharin­i (dua dari kiri) membuka pameran lukisan karya ABK dan anak jalanan di Visma Art Gallery & Design kemarin.
GALIH COKRO/JAWA POS BANGGA: Wali Kota Tri Rismaharin­i (dua dari kiri) membuka pameran lukisan karya ABK dan anak jalanan di Visma Art Gallery & Design kemarin.
 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? AYOO MAJU: Anggota Polsek Rayon V berlomba adu bakiak di Polsek Jambangan. Memperinga­ti HUT Ke-72 Kemerdekaa­n RI, polsek jajaran Polrestabe­s Surabaya adakan pesta rakyat.
GALIH COKRO/JAWA POS AYOO MAJU: Anggota Polsek Rayon V berlomba adu bakiak di Polsek Jambangan. Memperinga­ti HUT Ke-72 Kemerdekaa­n RI, polsek jajaran Polrestabe­s Surabaya adakan pesta rakyat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia