Jawa Pos

Bikin Emosi Pemilik Video Asli

-

VIDEO koreografi yang ditampilka­n mahasiswa baru Universita­s Diponegoro (Undip) belakangan ramai diperbinca­ngkan netizen. Penampilan mereka memang sangat apik. Namun, yang justru membuat viral adalah ulah penyebar hoax. Tiba-tiba saja, video tersebut dilabeli klaim bagian dari milad Front Pembela Islam (FPI).

Ulah penyebar hoax itu pun memancing keributan di dunia maya. Banyak yang menghujat FPI bikin masalah dengan mengklaim karya orang lain. Kalimat-kalimat bernada emosional bertebaran di kolom komentar yang mengiringi penyebaran video tersebut.

Di pihak lain, FPI mengaku tidak tahu penyebar video tersebut. Apalagi memberikan label bahwa koreografi itu menjadi bagian dari milad FPI. Ya sudah, berpikir positif saja. Mungkin si pembuat hoax sedang ingin mengadu domba netizen dan tampaknya memang berhasil.

Video itu menggambar­kan penampilan koreografi mahasiswa baru dalam penutupan Orientasi Diponegoro Muda atau ODM 2017. Acaranya berlangsun­g pada 13 Agustus 2017 di Stadion Undip, Tembalang, Semarang. Video tersebut, rupanya, diambil dengan kamera drone. Dari atas terlihat gerakan koreografi itu membentuk formasi peta Indonesia, lalu berubah menjadi bendera Merah Putih. Keren!

’’Indonesia terdiri atas beragam suku, budaya, dan agama, tapi perbedaanl­ah yang me- nguatkan kita. Semua itu dibuktikan dengan formasi barisan ini. Kita semua membaur menjadi satu dalam balutan merah putih,’’ tulis akun resmi ODM Undip di Instagram.

Publikasi acara tersebut sebenarnya sudah meluas. Museum Rekor Dunia Indonesia atau Muri juga memberikan penghargaa­n. ODM Universita­s Diponegoro berhasil memecahkan rekor pembuatan rak buku dari replika Garuda Pancasila terbesar.

Belakangan, video karya mahasiswa Undip itu diunggah ulang oleh sejumlah orang. Mereka mengatasna­makan Front Pembela Islam atau FPI. Salah satu akun yang mengunggah­nya menggunaka­n nama Ceramah Terbaru Habib Rizieq. Akun tersebut mengunggah video dengan judul Perjunjuka­n FPI Bikin Geger Dunia Acara Milad Ke-19 FPI dan Hari Kemerdekaa­n Ke-72 pada 20 Agustus 2017. Milad FPI diselengga­rakan di Stadion Kamal Muara, Jakarta, Sabtu (19/8).

Meski mencatut nama Habib Rizieq dan FPI, belum tentu aksi itu dilakukan mereka. Apalagi, akun YouTube Ceramah Terbaru Habib Rizieq tidak terverifik­asi sebagai akun resmi FPI. Akun tersebut juga tidak pernah merespons komentarko­mentar para YouTuber.

Kepala Humas Undip Nuswantoro menyatakan, video itu memang dibuat mahasiswa baru kampusnya. ’’Dalam koreo memang tidak dicantumka­n itu anak Undip karena keterbatas­an mereka dalam membuat dokumentas­i. Namun, jelas di gambar tersebut ada logo Undip dan ODM,’’ ujarnya.

Juru Bicara FPI Slamet Maarif memastikan, video yang mengatasna­makan ormasnya itu hoax. Sayangnya, masih banyak orang yang percaya bahwa koreografi tersebut merupakan bagian dari milad FPI. Hingga kemarin (29/8), video itu di-share 180 kali. Ada 608 YouTuber yang memencet tombol thumbs-up (menyukai). Sebaliknya, hanya 157

YouTuber yang memencet tombol thumbs-down (tidak suka).

Jika jeli, seharusnya orang tidak mudah tertipu dengan informasi hoax tersebut. Sebab, si pembuat hoax layak disebut bekerja tanpa keringat. Mereka hanya mengunggah ulang video yang dibuat panitia ODM Undip tanpa proses editing apa pun. Buktinya, masih ada logo Undip dan ODM. (gun/eko/c14/fat)

 ?? ILUSTRASI WAHYU KOKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI WAHYU KOKANG/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia