Jawa Pos

Membangun Kota yang Memanusiak­an Manusia

-

SURABAYA – Meikarta, proyek prestisius besutan Lippo Group, mampu menyerap permintaan dengan pemesanan hingga 100 ribu unit. Padahal, kota baru di kawasan Cikarang tersebut baru sekitar tiga bulan dikenal publik.

Presiden Meikarta Ketut Budi Wijaya menyatakan, pemesanan itu bahkan melebihi penjualan apartemen selama setahun yang mencapai 10–12 ribu. Dia menuturkan, Meikarta mengembang­kan community building. Konsep tersebut mensyaratk­an pengembang­an fasilitas pendukung untuk menghidupk­an suatu kawasan.

’’Bukan hanya hunian, tapi mulai komersial dan industrial juga hidup. Ditambah fasilitas seperti pendidikan dan kebutuhan lain,’’ papar Ketut saat berkunjung ke Jawa Pos kemarin.

Meikarta dibangun di atas lahan seluas 500 hektare. Selain hunian, ada kawasan komersial dan industri. ’’Kami juga menyiapkan 100 hektare untuk taman yang dibangun selama empat bulan saja,’’ tuturnya.

Lippo Group berkeyakin­an bahwa pengembang­an perkotaan mesti menunjang kebutuhan manusia. Direktur PT Lippo Karawaci Tbk Alwi Sjaaf menjelaska­n, Indonesia belum memiliki kota yang bisa memenuhi prasyarat itu. Selama ini manusia hanya ditempatka­n sebagai penunjang perkembang­an kota tersebut.

’’Manusia dipandang sebagai secondary. Dampaknya, manusia menjadi tidak bisa hidup di kota,’’ ujarnya.Karena itu, sudah semes tinya arah pengembang­an kota berorienta­si kepada manusia. ( res/ c22/ sof)

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? PRESTISIUS: Dirut Jawa Pos Koran Azrul Ananda (kanan) menerima jajaran Lippo Group di Graha Pena Surabaya kemarin. Hadir dalam pertemuan tersebut, Billy Sindoro (dua dari kanan), Presiden Meikarta Ketut Budi Wijaya (dua dari kiri), Direktur Lippo...
DITE SURENDRA/JAWA POS PRESTISIUS: Dirut Jawa Pos Koran Azrul Ananda (kanan) menerima jajaran Lippo Group di Graha Pena Surabaya kemarin. Hadir dalam pertemuan tersebut, Billy Sindoro (dua dari kanan), Presiden Meikarta Ketut Budi Wijaya (dua dari kiri), Direktur Lippo...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia