Jawa Pos

Tiap Hari Transaksi Investor Jatim Rp 500 Miliar

-

SURABAYA – Bursa Efek Indonesia (BEI) kemarin meresmikan kantor baru Pusat Informasi Go Public di Surabaya. Peresmian kantor itu bertujuan memudahkan dunia usaha menggalang dana dari pasar modal.

Direktur BEI Nicky Hogan menyatakan, penggalang­an dana dari pasar modal Indonesia terus meningkat setiap tahun. Tahun lalu, total penggalang­an dana pasar modal nasional mencapai Rp 674 triliun.

Artinya, terjadi kenaikan 40 persen dari tahun sebelumnya. ”Sampai bulan ini, penggalang­an dana nasional mencapai Rp 481 triliun,” terangnya.

Jumlah investor di pasar modal juga terus meningkat sejak 2014. Peningkata­nnya, bahkan, menca- pai 20 persen per tahun. Sekitar 71 ribu di antara sejuta investor di pasar modal berasal dari Jatim. Salah satunya berkat 44 galeri investasi yang tersebar di Jatim.

Jatim juga memiliki investor paling aktif di Indonesia. Sebab, investor di Jatim mampu melakukan transaksi di pasar modal dengan nominal rata-rata Rp 500 miliar per hari. Sementara itu, transaksi pasar modal nasional adalah Rp 7,5 triliun per hari.

Market share investor di Jatim, bahkan, mencapai 15 persen dari nasional.

Nicky berharap Pusat Informasi Go Public di Surabaya itu dapat memudahkan perusahaan untuk memperoleh informasi teknis tentang go public secara komprehens­if. Mulai manfaat, persya- ratan, proses, hingga bagaimana mempersiap­kannya. ” Kami ingin jumlah perusahaan yang berpar tisispasi dalam memanfaatk­an peluang pendanaan dari pasar modal untuk pengembang­an usaha bisa bertambah,” jelas Nicky.

Di sisi lain, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Hoesen menegaskan, pihaknya menyiapkan tiga strategi untuk mendukung pengembang­an pasar modal. Yakni, stabilitas keuangan, inklusi keuangan, dan kontribusi industri pasar modal.

Menurut Hoesen, semakin banyak investor domestik yang berpartisi­pasi, pasar modal di Indonesia akan semakin stabil. ( pus/ c25/ noe)

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? DORONG GO PUBLIC: Nicky Hogan (dua dari kiri) dan Gubernur Jatim Soekarwo (kanan) saat membuka kantor Pusat Informasi Go Public Bursa Efek Indonesia di Surabaya kemarin (29/8).
FRIZAL/JAWA POS DORONG GO PUBLIC: Nicky Hogan (dua dari kiri) dan Gubernur Jatim Soekarwo (kanan) saat membuka kantor Pusat Informasi Go Public Bursa Efek Indonesia di Surabaya kemarin (29/8).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia