Jawa Pos

Buang Ponsel dan Ganti Mobil

-

THAILAND – Hingga kini, posisi Mantan Perdana Menteri (PM) Thailand Yingluck Shinawatra belum diketahui. Kemarin (29/8) junta militer menjelaska­n bahwa tokoh 50 tahun itu membuang ponselnya sebelum melarikan diri. Dia juga berganti mobil. Kendaraan yang biasa digunakan ditinggal. Hal itulah yang membuat Yingluck lolos dari pengawasan intelijen.

”Sulit melacak jejaknya menggunaka­n metode seperti yang kami gunakan sebelumnya,” ujar Kepala Militer Thailand Chalermcha­i Sitthisad. Pernyataan Chalermcha­i itu adalah jawaban atas kritikan yang diarahkan kepada junta militer. Banyak pihak yang menilai bahwa Yingluck tak mungkin berhasil lari tanpa bantuan orang dalam.

Selama ini, pengawasan terhadap Yingluck dilakukan dengan menggunaka­n pengamatan fisik dan pelacakan elektronik. Jadi, ketika peralatan elektronik milik Yingluck dibuang, intelijen kehilangan jejak. Personel yang selama ini menjaga depan rumah Yingluck di Bangkok juga ditarik jauh hari sebelumnya. Penarikan tersebut dilakukan karena banyak pihak yang menilai bahwa penjagaan itu melangar privasi adik Thaksin Shinawatra tersebut.

Sumber AFP di junta militer menyatakan, Yingluck berada di kediaman kakaknya di Dubai. Menurut Chalermcha­i, PM ke-28 Thailand itu tak mungkin terbang langsung ke luar negeri. Sebab, aturan penerbanga­n di Thailand sangat ketat, termasuk penerbanga­n pribadi. Yingluck sangat mungkin keluar dari Thailand lewat jalur darat atau air. (Reuters/AFP/sha/c21/any)

 ?? LILLIAN SUWANRUMPH­A/AFP PHOTO ?? SAAT BELUM KABUR: Mantan PM Thailand Yingluck Shinawatra menyapa pendukungn­ya di depan gedung MA Juli lalu.
LILLIAN SUWANRUMPH­A/AFP PHOTO SAAT BELUM KABUR: Mantan PM Thailand Yingluck Shinawatra menyapa pendukungn­ya di depan gedung MA Juli lalu.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia