Jawa Pos

Plus Size Menghasilk­an

-

PEREMPUAN cantik itu perempuan yang langsing. Anggapan tersebut membuat Aditira Hanim Rachman down. Perempuan yang akrab disapa Tira itu sudah tak asing dengan sebutan gembrot, gendut, atau gajah yang dilontarka­n teman-temannya. Hal itu berlangsun­g sejak Tira duduk di bangku sekolah. ”Tiap naik ke jenjang pendidikan, aku selalu siapkan mental bahwa aku harus siap di- bully sama teman baru,” kata pemilik akun Instagram Tiraemon tersebut.

Ucapan itu membuat Tira ingin kurus. Dia melakuan diet ekstrem saat SMP. Tira mengonsums­i obat diet dengan pengawasan dari dokter. Selain itu, dia tak mengimbang­inya dengan pola makan teratur dan olahraga yang sesuai. ” Bener sih badanku sempet kurus. Tapi, aku jadi sakit,” katanya, tak mau menyebutka­n sakit apa yang dialaminya kala itu.

Sejak saat itu, Tira memutuskan untuk menerima diri apa adanya. Dia berhenti diet dan menjalani kehidupan dengan tubuh plus size. Hingga dia berada di satu titik kejenuhan. ”Kenapa ya cewek gendut itu bajunya gitu-gitu aja, sedangkan cewek yang kurus bisa pakai baju macammacam ala OOTD gitu?” katanya.

Akhirnya, Tira mencoba untuk mengikuti tren fashion. Karena jarang ada outfit kece yang berukuran plus size, Tira minta dibuatkan oleh tukang jahit langganann­ya. Dia memberanik­an diri mix and match outfit supaya stylish. Lantas, Tira mengunggah foto dirinya yang tampak seluruh badan ke Instagram ala-ala outfit of the day (OOTD). Hasilnya, Tira dianggap memberi inspirasi dan dia kebanjiran endorsemen­t dari online shop. Dalam satu bulan, ada puluhan barang endorsemen­t yang diterimany­a. ”Lumayan, aku jadi bisa mandiri dan nggak perlu minta uang ke orang tua,” katanya.

Tira berpesan kepada perempuan untuk percaya diri dengan apa pun yang dimiliki. ” Please open your mind, ini sudah 2017. Aku nggak menyalahka­n orang yang punya body goals, tapi tak perlu merendahka­n orang lain. Setiap orang punya cara bahagianya sendiri,” ucap dia. (adn/c11/ayi)

 ?? ADITIRA HANIM FOR JAWA POS ?? TETAP GAYA: Aditira Hanim Rachman tak mau memusingka­n komentar negatif tentang tubuh plus size-nya.
ADITIRA HANIM FOR JAWA POS TETAP GAYA: Aditira Hanim Rachman tak mau memusingka­n komentar negatif tentang tubuh plus size-nya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia