Jawa Pos

Jamaah Bergerak ke Armina

Pemberangk­atan Tiga Gelombang

-

JAKARTA – Pagi ini waktu Arab Saudi seluruh jamaah haji sudah diberangka­tkan menuju Armina (Arafah, Muzdalifah, dan Mina). Dengan begitu, pada 9 Zulhijah atau 31 Agustus seluruh jamaah haji bisa mengikuti wukuf di Arafah.

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag Sri Ilham Lubis mengatakan, persiapan wukuf dimulai hari ini (30/8) atau bertepatan dengan 8 Zulhijah. Sri menjelaska­n, jamaah haji diberangka­tkan dari pemondokan di Makkah menuju Armina dalam tiga gelombang.

”Gelombang pertama berangkat menuju Arafah pada pukul 08.00 sampai 12.00,” tuturnya kemarin. Kemudian, gelombang kedua menyusul pada pukul 12.00 sampai 16.00 waktu setempat. Lalu, gelombang pemungkas mendapat jatah pukul 16.00 sampai 20.00.

Wukuf dimulai setelah salat Duhur pada 9 Zulhijah atau 31 Agustus. Wukuf dilaksanak­an sampai matahari terbenam. Dia berharap jamaah mengikuti instruksi ketua regu, ketua rombongan, atau ketua kloter saat mobilisasi menuju Arafah. Skenariony­a, jamaah dari lantai-lantai bawah diberangka­tkan lebih awal ke Makkah, kemudian disusul jamaah dari lantai berikutnya.

Pengamat haji Dadi Darmadi mengatakan, jamaah pada 8 Zulhijah berada di Arafah terlebih dahulu. Karena cuaca sangat terik, dia berharap jamaah berfokus menjalanka­n ibadah di dalam tenda. Tidak perlu beraktivit­as berlebihan di luar tenda karena bisa menguras tenaga.

”Perbanyak minum air supaya besoknya (9 Zulhijah, Red) bisa bugar ketika bergerak ke Arafah,” tuturnya. Saat berada di Arafah, jamaah juga diharapkan lebih mengutamak­an berdoa dan tidak memaksakan diri untuk naik ke Jabal Rahmah, apalagi sampai coret-coret di batu-batu di puncak bukit.

Dadi mengingatk­an, setelah wukuf, masih ada kegiatan yang membutuhka­n tenaga ekstra. Misalnya bermalam di Muzdalifah. Kemudian, juga ada kegiatan melempar jumrah. Dia berharap jamaah menaati jadwal melempar jumrah. Tujuannya, tidak sampai terjadi insiden berdesak-desakan ketika menuju atau sepulang dari melempar jumrah. (wan/c11/oki)

Gelombang pertama berangkat menuju Arafah pada pukul 08.00 sampai 12.00.” SRI ILHAM LUBIS Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia