Jawa Pos

PERSAINGAN COUTINHO DAN ALEXIS

Bursa transfer musim panas tahun ini mencapai klimaks dengan Neymar menahbiska­n diri sebagai pemain termahal dunia (EUR 222 juta atau Rp 3,5 triliun) kala diboyong Paris Saint-Germain dari Barcelona. Meski begitu, masih ada transfer besar yang berpotensi

-

ALEXIS Sanchez tertangkap kamera menahan tawa di Anfield Minggu malam lalu WIB (27/8). Momennya pun ’’pas’’ atau saat Arsenal sudah tertinggal empat gol oleh Liverpool. Mimik wajah Alexis menyiratka­n bahwa The Gunners adalah lelucon baginya. Seakan sudah waktunya bagi bintang timnas Cile tersebut mencari klub baru.

Bak gayung bersambut, Manchester City tak malu-malu lagi mengungkap­kan ketertarik­an terhadap Alexis. ’’Demi dia (Alexis), (Pep) Guardiola akan mengorbank­an (Raheem) Sterling,’’ sebut sumber di City sebagaiman­a dikutip ESPN tadi malam.

City diklaim sudah menyiapkan dana cash senilai GBP 70 juta (Rp 1,2 triliun) plus pemain untuk menebus Alexis. Jika menyertaka­n Sterling yang market value- nya di angka GBP 40,5 juta (Rp 700 miliar), berarti banderol Alexis mencapai GBP 110,5 juta (Rp 1,9 triliun). Padahal, City sudah berbelanja hingga GBP 210,35 juta (Rp 3,63 triliun) untuk Ederson, Bernardo Silva, Kyle Walker, Danilo, dan Benjamin Mendy.

Begitu besarnya ambisi klub milik Sheikh Mansour itu mendapatka­n Alexis, dilaporkan Mirror, City telah mengirimka­n perwakilan­nya terbang ke Santiago, Cile. Hal itu terjadi karena Alexis berada di sana sebagai persiapan membela Cile saat menghadapi Paraguay dalam kualifikas­i Piala Dunia 2018 Jumat dini hari WIB (1/9).

Ian Wright, legenda Arsenal yang kini menjadi pundit BBC Sports, menyatakan, Alexis memang sudah tidak pantas bertahan di skuad The Gunners. Alasannya jelas. Hati Alexis sudah tak lagi untuk Arsenal. Wright lalu menunjukka­n penampilan ogah-ogahan penyerang 28 tahun itu kala melawan Liverpool. Tanpa tembakan ke gawang, sentuhan bola pun kurang dari 50 kali dalam 61 menit bermain. ’’Buat apa mempertaha­nkan pemain yang tak ingin bertahan. Ini salah Dick Law (negosiator transfer) dan Ivan Gazidis (CEO Arsenal) atas sikap diamnya. Mereka (Law dan Gazidis) tak perlu lagi bertele-tele,’’ kecam pria yang ikut membawa Arsenal juara Premier League 1997–1998 itu.

Wright juga meminta pelatih Arsene Wenger tak perlu lagi pasang badan seperti yang dilakukan selama ini. Wenger memang masih ngotot mempertaha­nkan Alexis dan mendesak petinggi Arsenal untuk memperpanj­ang kontrak mantan pemain Barcelona, Udinese, dan Colo Colo tersebut.

Situasi yang dihadapi Alexis tak jauh beda dengan Philippe Coutinho. Winger Liverpool dan timnas Brasil tersebut sudah ngebet bergabung dengan Barca. Klub asal Catalan itu pun siap membayar GBP 135,5 juta (Rp 2,34 triliun) kepada Liverpool untuk pemain 25 tahun tersebut.

Selain tidak pernah dimainkan pelatih Juergen Klopp sejak awal musim ini, sinyal Coutinho bakal pergi ke Camp Nou adalah Naby Keita dan Virgil van Dijk. Dua rekrutan baru dari hasil penjualan Coutinho. Hanya, jika Keita baru bergabung dari RB Leipzig musim depan, Van Dijk siap membela The Reds musim ini. Van Dijk yang sudah tiba di John Lennon Airport, Liverpool, tadi malam digaet dari Southampto­n dengan fee GBP 70 juta (Rp 1,2 triliun). Di sisi lain, Keita punya klausul pelepasan kontrak GBP 48 juta (Rp 829,6 miliar). (ren/c19/dns)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia