Jawa Pos

Samba Siapkan Lapis Kedua

-

PORTO ALEGRE – Brasil sudah menggengga­m tiket putaran final Piala Dunia 2018. So, dua laga kualifikas­i Piala Dunia 2018 Zone Conmebol awal September nanti bisa dimanfaatk­an Brasil untuk menguji kemampuan lapis keduanya. Sinyal itu sudah terbaca pekan lalu. Yakni, saat Tite selaku pelatih Brasil mengumumka­n skuad yang dibawa untuk laga melawan Ekuador (1/9) dan Kolombia (6/9). Sejumlah debutan dan pemain minim caps mendapat kepercayaa­n membela skuad Samba, julukan timnas Brasil.

’’Saya sangat bahagia bisa kembali menjadi bagian dari timnas Brasil,’’ kata Luan Vieira, salah seorang pemain minim caps yang dipanggil sebagaiman­a dilansir Goal. ’’Pertanding­an home (menjamu Ekuador) tentu saja sangat menyenangk­an bukan? Saya tidak membayangk­an sebelumnya bahwa ada yang lebih baik dari ini, yakni bertanding di kota tempat saya lahir dan membela timnas,’’ imbuh penyerang Gremio itu.

Luan bukan sosok yang asing bagi fans Brasil. Bomber 24 tahun tersebut ikut andil atas sukses Brasil meraih medali emas sepak bola di Olimpiade 2016. Luan mencetak empat gol dalam empat penampilan di ajang multievent itu. Luan sejauh ini baru mengantong­i satu caps. Yakni, ketika Brasil melawan Kolombia di laga uji coba pada 26 Januari. Luan berhasil mencetak satu gol di laga tersebut.

’’Luan menunjukka­n penampilan yang bagus di Olimpiade. Dia memiliki teknik dan menjadi salah satu top scorer di Brasil. Dia bintang di Gremio,’’ puji Tite.

Tite juga menyertaka­n dua kiper debutan di skuadnya. Mereka adalah Cassio Ramos dan Ederson Moraes. Keduanya menggantik­an Diego Alves dan Weverton yang lebih berpengala­man. Tampaknya, Tite lebih mempertimb­angkan kontribusi di klub ketimbang faktor pengalaman. Cassio, misalnya. Dia ikut membawa Corinthian­s memenangi trofi Piala Dunia Antar Klub 2012 sekaligus menjadi man of the match di final. Lalu, Copa Libertador­es 2012 dan Campeonato Brasileiro Série A 2015.

’’Ini (ke timnas) sangat sulit dikatakan. Soalnya, ada enam kiper bagus lainnya yang juga memiliki kesempatan yang sama,’’ ucap Cassio. ’’Saya harus menunjukka­n kontribusi positif sehingga bisa dipanggil lagi nantinya,’’ timpal kiper 30 tahun itu kepada Bem Parana.

Brasil masih memimpin klasemen sementara zona Conmebol dengan koleksi 33 poin. Meski Brasil sudah lolos, Tite meminta pemainnya tetap

all-out. Sebab, laga sisa kualifikas­i akan dijadikan ajang seleksi untuk memilih pemain yang dibawa ke Rusia ( host Piala Dunia 2018). ’’Bagi kami, saat ini Piala Dunia sudah dimulai,’’ tutur Tite sebagaiman­a dilansir Folha. ’’Memang, ada sedikit kendala di tim ini. Namun, semua personel tidak pernah berhenti bekerja. Proses untuk tahun depan terus kami lakukan,’’ lanjut pria bernama asli Adenor Leonardo Bacchi itu. (io/c20/bas)

 ?? NELSON ALMEIDA/AFP PHOTO ?? DEBUTAN: Cassio Ramos saat berlatih di Porto Alegre kemarin. Dia berpeluang membuat debut saat melawan Ekuador Jumat lusa (1/9).
NELSON ALMEIDA/AFP PHOTO DEBUTAN: Cassio Ramos saat berlatih di Porto Alegre kemarin. Dia berpeluang membuat debut saat melawan Ekuador Jumat lusa (1/9).
 ?? NELSON ALMEIDA/AFP PHOTO ?? BAIK-BAIK SAJA: Philippe Coutinho (kanan) bersama Neymar sebelum berlatih di Porto Alegre kemarin.
NELSON ALMEIDA/AFP PHOTO BAIK-BAIK SAJA: Philippe Coutinho (kanan) bersama Neymar sebelum berlatih di Porto Alegre kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia