Jawa Pos

Tak Gentar di Kandang Singa

-

KEPANJEN – PSM Makassar punya peluang merangsek ke puncak klasemen sementara Liga 1 malam ini. Syaratnya, mereka harus menang saat menantang tuan rumah Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen (siaran langsung tvOne pukul 18.30 WIB). Kalau berhasil menambah tiga angka, PSM akan mengoleksi 41 poin. Sama dengan Bali United. Meski begitu, Bali United yang berhak menjadi capolista alias pemuncak klasemen karena menang head-tohead atas Juku Eja –julukan PSM. Namun, perjuangan PSM tidak mudah. Selain bermain di kandang Singo Edan –julukan Arema FC–, mereka tidak didampingi langsung oleh pelatih Robert Rene Alberts di bench. Sang pelatih harus menepi karena menjalani hukuman larangan mendamping­i tim pada dua pertanding­an. Robert terkena hukuman saat PSM melawan tuan rumah Persija Jakarta di Stadion Patriot, Bekasi (15/8). Mantan pelatih Serawak FA itu diusir setelah melakukan protes keras kepada wasit asal Iran Bonyadifar­d Mooud. Dia memprotes keputusan wasit yang menganulir gol dari Wiljan Pluim karena dinilai hands

ball. ’’Lelucon besar saya dihukum, tapi hanya bisa pasrah dan menerima,’’ kata Robert.

Tim tamu juga tidak bisa menurunkan kekuatan penuh. Kapten PSM yang juga mantan penggawa Arema FC Hamka Hamzah absen karena akumulasi kartu kuning. ’’ Tapi, saya sudah menemukan solusi untuk itu. Semua pemain siap menggantik­an posisi Hamka,’’ kata Robert.

Apa yang dikatakan Robert diamini gelandang PSM M. Rahmat. Menurut dia, ketidakhad­iran pelatih di

bench tidak menjadi masalah serius bagi pemain. ’’Kami kan sudah latihan. Semua instruksi diberikan saat itu. Jadi, tidak ada masalah,’’ katanya.

Robert sudah punya taktik untuk meredam agresivita­s dan kekuatan Arema FC. Dia bakal menginstru­ksi anak asuhnya untuk fokus dan disiplin pada 20 menit pertama pertanding­an. ’’Arema akan menyerang habis-habisan. Tapi, jika dalam kurun waktu itu mereka terus gagal, pasti akan melemah. Itu waktu kami menyerang,’’ ungkap pria 62 tahun itu. Di sisi lain, pelatih Arema FC Joko Susilo mengungkap­kan bahwa timnya sedang dalam kondisi pincang. Mereka kehilangan dua penggawa asing andalan. Yakni, gelandang Esteban Vizcarra dan bek tengah Arthur Cunha. Keduanya absen karena akumulasi kartu. ’’Tapi, saya sudah punya pengganti yang sangat siap,’’ katanya. Mantan pemain yang akrab disapa Getuk itu mengatakan sangat memahami gaya bermain PSM yang kini diasuh Robert. Sebab, dia pernah bekerja sama dengan Robert saat membesut Arema pada musim 2009. ’’Robert itu tipikal pelatih yang ganti-ganti strategi, tergantung lawannya. Saya harap, strategi Arema besok berjalan lancar,’’ kata Getuk. Dia menginstru­ksi para pemain Arema untuk bermain tenang dan disiplin. ’’Arema bukan tim lemah. Kami akan main habis-habisan,’’ katanya. (rid/c4/ca)

 ?? DOLI SIREGAR JAWA POS RADAR MALANG ?? MULAI PADU: Juan Pablo Pino menjadi motor serangan Arema FC saat menjamu PSM Makassar malam ini.
DOLI SIREGAR JAWA POS RADAR MALANG MULAI PADU: Juan Pablo Pino menjadi motor serangan Arema FC saat menjamu PSM Makassar malam ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia