Jawa Pos

Stok Sembako Aman dan Stabil

-

SURABAYA – Momen besar biasanya dibarengi gejolak harga kebutuhan pokok. Namun, tidak demikian dengan Idul Adha. Pemkot menjamin harga dan stok bahan tetap aman terkendali. Berdasar pengecekan lapangan, harga beberapa kebutuhan pokok memang relatif stabil. Bahkan, beberapa komoditas mengalami penurunan harga. Hal itu diperkirak­an berlangsun­g hingga hari H Idul Adha tiba.

Harga cabai rawit bahkan cenderung turun. Di Pasar Tambah Rejo, harganya berkisar Rp 18 ribu per kilogram. Bawang putih dijual Rp 19 ribu per kg. Harga di Pasar Induk Osowilangu­n (PIOS) hampir sama. Stok bahan pokok masih melimpah untuk kebutuhan hingga Idul Adha. Berdasar data yang ada, harga di tingkat grosir dan ritel tetap stabil. Harga cabai rawit sekitar Rp 11.000 per kilogram. Bawang putih dijual Rp 15.000 per kilogram.

Menurut Kepala Bidang Distribusi Dinas Perdaganga­n Kota Surabaya Surtauli Sinurat, langkah antisipasi sudah dilakukan pemkot. Menurut dia, Bulog juga memastikan stok menjelang Idul Adha masih cukup. Meski ada larangan bagi kendaraan berat untuk beroperasi pada hari H Idul Adha, pasokan barang tidak terpengaru­h. Menurut Uli, sapaannya, pemkot telah berkoordin­asi dengan Bulog untuk menjaga pasokan bahan.

Kemarin (29/8) semua instansi terkait di jajaran pemprov diberi pengarahan tentang upaya menjaga kestabilan pasokan dan harga komoditas pokok. Salah satunya adalah peluncuran gerakan stabilisas­i pangan oleh Bulog. (gal/c14/oni)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia