Jawa Pos

Bupati Beri Bekal Mahasiswa Baru Unusida

-

SIDOARJO – Pembukaan orientasi studi mahasiswa baru Universita­s Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) di Gedung Rahmatul Ummah kemarin (29/8) terasa spesial. Sebab, pembukaan kuliah pertama itu dihadiri ’’dosen’’ penting. Yakni, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. Bupati asli kelahiran Kota Delta itu pun berbagi kiat kepada para mahasiswa baru.

’’Masa depan bangsa bergantung pada pundak para mahasiswa. Karena itu, mahasiswa harus dibina dengan baik agar prestasi dan citacita mereka bisa terwujud,’’ kata Saiful di hadapan sekitar 270 mahasiswa baru (maba) Unusida.

Dia menegaskan, pengajar maupun senior memiliki peran untuk mendidik mahasiswa baru sehingga memiliki etos dan prinsip di masa depan. Saiful pun menekankan, kegiatan orientasi harus terhindar dari kekerasan. Budaya kekerasan bisa membuat mahasiswa menjadi pribadi keras yang akhirnya hanya suka mengkritis­i tanpa memberi solusi.

’’Mental dan keilmuan mereka harus dibina dengan baik guna menciptaka­n generasi emas penerus bangsa. Kalau menemukan masalah, seharusnya diskusi, bukan sekadar demo,’’ jelasnya.

Sementara itu, Rektor Unusida Dr H Fatkul Anam MSi mengapresi­asi arahan bupati. Dia menyampaik­an, kegiatan kuliah, termasuk orientasi, harus dilaksanak­an dengan nuansa dan aroma prestasi. Karena itu, dia sudah mewanti-wanti agar mahasiswa baru diberi tugas yang nanti membangun prestasi mereka saat kuliah.

’’Kami sudah menyiapkan banyak kegiatan positif dalam orientasi ini,’’ katanya. Di antaranya, penyuluhan narkoba dan kebangsaan untuk menangkal isu narkoba dan radikalism­e. (bil/c7/hud)

 ?? MOCHAMAD SALSABYL/JAWA POS ?? BERBAGI KIAT: Bupati Sidoarjo Saiful Ilah saat pembukaan orientasi studi mahasiswa baru Unusida di Gedung Rahmatul Ummah kemarin.
MOCHAMAD SALSABYL/JAWA POS BERBAGI KIAT: Bupati Sidoarjo Saiful Ilah saat pembukaan orientasi studi mahasiswa baru Unusida di Gedung Rahmatul Ummah kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia