Jawa Pos

Buka Layanan Ekstra ke Bawean

Ratusan Orang Masih Tidak Dapat Tiket

-

GRESIK – Mulai hari ini kapal cepat Express Bahari (EB) 8E kembali beroperasi. Tiket jurusan Gresik–Pulau Bawean yang diperjualb­elikan kemarin (29/8) pun menjadi rebutan. Apalagi, akibat cuaca buruk, kapal cepat tidak beroperasi sejak Senin (21/8).

Kondisi tersebut membuat Aman, 32, yang ingin berlebaran Idul Adha di kampung kelahirann­ya di Pulau Bawean terancam gagal. Kemarin pemudik asal Semarang, Jateng, tersebut tidak bisa berangkat. Sebab, tiket Express Bahari 8E habis terjual. Aman tidak sendiri. Ratusan calon penumpang lainnya juga tidak mendapatka­n tiket untuk keberangka­tan hari ini (30/8) dan besok (31/8).

Calon penumpang yang tidak mendapatka­n tiket pun uringuring­an di Kantor EB 8E di Jalan Pahlawan, Gresik. Aman menya- takan antre sejak pukul 11.00. Padahal, loket penjualan tiket buka pukul 15.00. ’’Kesepakata­n tadi satu orang maksimal lima tiket. Tapi, setelah dibuka, satu orang bisa beli lebih dari lima tiket,’’ katanya bersungut-sungut. ’’Saya disuruh datang besok pagi (hari ini) ke pelabuhan. Tapi, petugas tidak menjamin bisa dapat tiket,’’ lanjutnya.

Aman tidak sendiri ketika pulang kampung. Dia bersama sembilan anggota keluargany­a. ’’Sudah hampir dua tahun Idul Adha tidak pulang. Karena itu, saya sejak seminggu di Gresik bersama keluarga,’’ ucapnya.

Sejak pekan lalu dua kapal penumpang, yakni Express Bahari 8E dan Natuna Express, tidak beroperasi. Sebab, ombak di atas 3 meter. Kondisi tersebut membuat ribuan orang yang ingin pulang kampung ke Bawean tertahan di Kota Giri. Kemarin cuaca kembali normal.

Sementara itu, petugas tiket kapal tidak mau disalahkan terkait dengan karut-marut sistem penjualan tiket untuk pelayaran ekstra EB 8. ’’Kami hanya membantu. Karena jadwal keberangka­tan EB baru besok (Kamis),’’ jelas Risky Tri S., petugas tiket.

Menurut dia, keberangka­tan EB hari ini merupakan pelayaran ekstra di luar jadwal. ’’Karena kami ingin membantu masyarakat agar bisa merayakan Idul Adha di Bawean,’’ tegasnya.

Hari ini rencananya ada dua kapal yang melayani penumpang tujuan Pulau Bawean dari Pelabuhan Gresik. Dua kapal itu adalah EB 8E dan Natuna Express (NE). Keduanya langsung pergi pulang (pp). EB berkapasit­as 390 penumpang, sedangkan NE 250 penumpang. Keduanya full booking. (yad/c15/dio)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia