Jawa Pos

Lanjutkan Tradisi sejak 1998

-

SAITAMA – Satu lagi wakil Asia menjejakka­n kaki di putaran final Piala Dunia 2018 Rusia. Setelah Iran memastikan lolos Juni lalu, kemarin (31/8) giliran Jepang yang melenggang. Samurai Biru –julukan timnas Jepang– memastikan lolos setelah mengalahka­n Australia 2-0 di Saitama Stadium. Dua gol Jepang dicetak Takuma Asano pada menit ke-41 dan Yusuke Ideguchi (83’).

Jepang menjadi tim keempat di antara 32 negara yang bakal tampil di Rusia. Selain tuan rumah Rusia, yang sudah menggengga­m tiket putaran final adalah Brasil (zona Amerika Latin) dan Iran (zona Asia).

Lolosnya Jepang ke Piala Dunia 2018 merupakan partisipas­i keenam secara beruntun. Sejak pertama lolos pada Piala Dunia 1998 Prancis, Jepang selalu mempertaha­nkan tradisi tersebut. Capaian terbaik mereka ialah menembus babak 16 besar pada edisi 2002 dan 2010.

Perjalanan juara Piala Asia empat kali tersebut menuju Rusia terbilang terjal. Pada matchday pembuka, Jepang dipermaluk­an Uni Emirat Arab (UEA) dengan skor 1-2. Kekalahan tersebut menjadi cambuk buat Keisuke Honda dkk untuk tampil lebih baik. Buktinya, Jepang tidak terkalahka­n pada delapan laga terakhir. Enam kali menang dan dua kali seri.

Lini belakang Jepang pun menjadi yang terbaik di grup B. Mereka hanya kebobolan enam gol dalam sembilan matchday. Jepang juga mencetak cleansheet­s empat pertanding­an.

Lolosnya Jepang ke Rusia melegakan pelatih Vahid Halilhodzi­c. Sebelum pertanding­an, pria asal BosniaHerz­egovina itu mendapat tekanan, menang atau dipecat. Halilhodzi­c meminta anak asuhnya mengeluark­an spirit samurai. Yakni, bertarung habis-habisan di lapangan.

’’Dalam perjalanan menuju Rusia, tidak ada tim mana pun yang bersedia memberikan tiket secara gratis. Kami harus tampil berani dan bermain penuh ketegasan,” ucap Halilhodzi­c kepada Japan Times sebelum bertanding kemarin.

Kalau Jepang bisa tersenyum dan lega berkat kemenangan kemarin, Australia dalam situasi sulit. Lolos atau tidak mereka ke Rusia ditentukan pada matchday kesepuluh yang merupakan laga pemungkas grup B menjamu Thailand pada 5 September.

Australia harus bersaing dengan Arab Saudi untuk berebut satu tiket lolos langsung sebagai runner-up grup B. Australia diuntungka­n karena akan bermain di kandang menghadapi Thailand. Sementara itu, Saudi menjamu Jepang yang sudah pasti lolos. (dra/c4/ca)

 ?? TORU HANAI/REUTERS ??
TORU HANAI/REUTERS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia