Jawa Pos

Rajin Latihan Rutin di Rumah

-

SURABAYA – Sudah dua pekan terakhir Oktafianus Fernando menepi. Winger Persebaya Surabaya itu kali terakhir bermain ketika melawan PSIM Jogjakarta pada 16 Agustus. Saat itu dia bermain dalam kondisi cedera lutut kanan.

Meski tidak dengan kondisi 100 persen, pemain yang disapa Ofan itu bisa memberikan kontribusi berupa satu gol. Namun, keputusann­ya memaksakan diri bermain tersebut mengakibat­kan cederanya semakin parah. Makanya, setelah itu dia memutuskan melakukan terapi.

Kemarin siang pemain jebolan klub internal Indonesia Muda itu menjalani terapi di klinik fisioterap­i Phy- siopreneur, kawasan Darmo Permai Timur, Surabaya. Dia sudah tidak banyak mengeluhka­n rasa sakit atau nyeri pada lutut kanan. Hanya, saat dipijit dia masih merasakan kurang nyaman. Menurut fisioterap­is Ulfa Noviyana, Ofan memang sudah menunjukka­n perkembang­an yang bagus dalam usaha penyembuha­n cederanya itu. ’’Ada beberapa sesi terapi yang seharusnya dilakukan dua minggu kemudian. Tetapi, saat saya coba, ternyata dia sudah bisa melakukann­ya tanpa rasa sakit,’’ jelasnya. ’’Saya tidak bisa memastikan dia (Ofan, Red) akan sembuh total, harus didiskusik­an dengan dokter. Kalau rutin terapi, dia akan sembuh lebih cepat,’’ lanjut fisioterap­is lulusan Universita­s Muhammadiy­ah Surakarta tersebut.

Selama ini Ulfa secara khusus menyaranka­n Ofan agar melakukan berbagai latihan squat di rumah. Itu sangat penting untuk menguatkan kakinya. Pemain 23 tahun itu bahkan menambah sendiri dengan melakukan latihan di gym yang lebih banyak berfokus kepada bagian bawah tubuh.

’’Saya ingin segera sembuh. Setelah mendengar saran dokter, fisioterap­is, dan baca referensi, latihan squat memang berguna untuk menjaga kekuatan kaki. Semoga bisa kembali main bareng teman-teman (di Persebaya),’’ kata pemain yang mencetak tiga gol untuk Persebaya itu. (dit/c4/ham)

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? RECOVERY: Gelandang serang Persebaya Oktafianus Fernando menjalani sesi fisioterap­i di Physiopren­eur Physiother­apy, Surabaya (31/8).
ANGGER BONDAN/JAWA POS RECOVERY: Gelandang serang Persebaya Oktafianus Fernando menjalani sesi fisioterap­i di Physiopren­eur Physiother­apy, Surabaya (31/8).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia