Jawa Pos

Ular Tangga Raksasa Kenalkan Internet Sehat

Serunya Kegiatan Komunitas Bunda Ngawi

-

MELINDUNGI anak dari ancaman bullying, pengaruh buruk internet, dan pelecehan seksual adalah tanggung jawab kita bersama. Hal itu disadari betul oleh para anggota Komunitas Bunda Ngawi yang didirikan pada 14 April 2017. Komunitas tersebut sangat bersemanga­t mengikuti Tangkis Community Competitio­n yang digagas Jawa Pos For Her.

Komunitas itu beranggota 12 perempuan dari berbagai macam profesi. Ada ibu rumah tangga, guru, hingga perempuan karir. Awalnya, mereka melakukan kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan ibu hamil. Misalnya, mengadakan senam dan kelas untuk ibu hamil, juga pemijatan payudara untuk memperlanc­ar ASI. Semakin lama, mereka merasa perlu menggalakk­an kepedulian terhadap anak-anak.

”Anggotanya udah pada melahirkan. Rata-rata memang ibu muda. Jadi, mulai merasa penting melindungi anak yang dalam masa tumbuh kembang,” kata Afni Kumala Wardani, koordinato­r Komunitas Bunda Ngawi. Dari tiga program yang menjadi tema kegiatan Tangkis, mereka lebih berfokus pada pengenalan internet sehat untuk anak.

”Hal ini penting karena tantangan di era sekarang ini lebih banyak dampak negatif internet daripada positifnya,” tutur Afni. ”Padahal, kita bisa memanfaatk­an internet dengan baik jika kita teredukasi. Maka, mari kita cari ilmu internet sehat dan sebarkan,” kata lulusan Institut Teknologi Bandung tersebut.

Kampanye Bunda Ngawi akan dimulai awal bulan ini. Sudah ada beberapa program yang mereka rencanakan. Pertama, seminar edukasi internet sehat. Sasarannya adalah orang tua anak-anak di sekitar tempat tinggal mereka. Selanjutny­a, ada kelas internet sehat yang terbagi dalam enam sesi. Kelas itu dilakukan setiap Minggu, mulai 17 Oktober hingga 22 Oktober. ”Di Ngawi sangat jarang ada kegiatan semacam ini,” kata Afni.

Mereka juga akan melakukan road show. Salah satunya ke Pondok Pesantren Ash Kahfi 10 Ngawi. Di sana, mereka akan merilis permainan ular tangga berukuran jumbo. Hampir selebar tikar atau karpet. Ular tangga itu berisi petunjukpe­tunjuk untuk memandu anak berinterne­t secara sehat. Nanti yang jadi pion pemainnya adalah anak-anak dan guru ponpes. ”Kita kenalkan berinterne­t sehat dengan cara yang

fun. Tanpa terasa, mereka juga belajar,” imbuh Afni. Nah, komunitas lain jangan mau kalah. Segera daftarkan diri dan komunitas di forher.jawapos.com. Komunitas yang paling kreatif dalam mengampany­ekan program-program Tangkis akan mendapat hadiah jalan-jalan ke Australia! (adn/c6/na)

 ?? KOMUNITAS BUNDA NGAWI FOR JAWA POS ?? PEDULI: Anggota Komunitas Bunda Ngawi memulai kampanye kegiatan Tangkis awal bulan ini.
KOMUNITAS BUNDA NGAWI FOR JAWA POS PEDULI: Anggota Komunitas Bunda Ngawi memulai kampanye kegiatan Tangkis awal bulan ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia