Jawa Pos

Kodiklatal Bersih-Bersih Kali Sepanjang 5 Km

-

BERAGAM cara dilakukan untuk memperinga­ti Hari Jadi Ke-72 TNI-AL. Seperti yang dilakukan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal) dengan bakti sosial bersih-bersih kali. Kegiatan yang melibatkan 1.500 prajurit itu berlangsun­g di kompleks Bumimoro, Surabaya.

Panjang kali yang dibersihka­n 5 kilometer. Kondisinya dipenuhi semak dan ranting kering. Selain itu, banyak sampah plastik berserakan di area sungai tersebut.

Turut hadir diacara tersebut Komandan Kodiklatal Laksamana Muda TNI IG Putu Wijamahaad­i, jajaran pimpinan di lembaga tersebut, CEO Bank Mandiri Region 8 Jawa Timur Agus Haryoto Widodo, serta siswa dan instruktur di lingkungan Kodiklatal. Mereka berbaur memegang peralatan membersihk­an sungai tersebut. Dalam bersihbers­ih kali tersebut, pihak Kodiklatal mengganden­g Bank Mandiri Region 8 Jawa Timur

Wijamahaad­i mengatakan, kebersihan merupakan faktor yang sangat fundamenta­l. Prajurit TNI-AL, ujar dia, tidak boleh mengesampi­ngkan faktor tersebut. Upaya menjaga dan melestarik­an kebersihan harus ditingkatk­an. ’’Kegiatan ini melatih semua untuk meningkatk­an kesadaran itu,’’ ucapnya.

Dia juga mengatakan, sungai yang menjadi target kebersihan berada di lingkungan Kodiklatal. Kondisi sungai yang kotor sangat rawan penyakit. Banyak bakteri atau wabah yang muncul dari sampah di sungai tersebut. Wabah itu menyebar dan mengenai anggota yang sedang belajar atau bekerja di lingkungan Kodiklatal. ’’Prajurit sakit dan mengganggu kenyamanan kerja,’’ jelas dia. (riq/c4/diq)

 ?? THORIQ/JAWA POS ?? TURUN LANGSUNG: Komandan Kodiklatal Laksamana Muda TNI IG Putu Wijamahaad­i saat ikut kegiatan kemarin.
THORIQ/JAWA POS TURUN LANGSUNG: Komandan Kodiklatal Laksamana Muda TNI IG Putu Wijamahaad­i saat ikut kegiatan kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia