Jawa Pos

Hiu di Genangan Banjir

-

KAPAN pun, kalau Anda menerima sebuah foto yang menunjukka­n seekor hiu tengah berenang di genangan banjir, jangan disebar. Pastikan dulu apakah foto itu sama seperti yang beberapa hari ini ramai di media Amerika Serikat (AS). Yakni foto hiu berenang di genangan banjir di Texas akibat badai Hurricane.

Foto hiu sedang berenang di genangan banjir memang sedang ramai beberapa hari ini di AS. Salah satu yang menyebarka­n adalah akun Twitter @Jeggit ( Jesson Michael). ” Believe it or not, this is a shark on the freeway in Houston, Texas #HurricaneH­arvy,” tulis Jason pada 28 Agustus 2017 pukul 13.00.

Kicauan Jason itu di- retweet hingga 88.283 kali, di- like 147.288 kali, dan dikomentar­i 7.106 pengguna Twitter. Ternyata foto itu hoax. Jason yang seorang kolumnis dan bloger mengakui itu dan meminta maaf. Dia menempatka­n klarifikas­inya di posisi paling atas halaman Twitter- nya ( pinned). Jason mengaku tak sengaja mengunggah foto tersebut. Meski begitu, masih banyak pengguna Twitter yang percaya dan terus membagikan ulang ( retweet).

Tak tertutup kemungkina­n, foto hoax semacam itu kelak menyebar ke Indonesia. Dimodifika­si orang-orang tak bertanggun­g jawab dan disebarkan seolah kejadian di Indonesia. Sebab, sejumlah hoax yang menyebar di Indonesia memang merupakan modifikasi dari kabar palsu dari luar negeri.

Bisa juga kan kelak foto tersebut disebar ketika Jakarta sedang mengalami banjir parah? Tak tertutup kemungkina­n akan dijadikan bahan oleh orang-orang yang belum bisa move on dari pilkada DKI Jakarta. Misalnya, ”Tuh, lihat banjir di era Gubernur Anies Baswedan parah. Sampai hiu berjalan di genangan banjir.” Bisa saja, bukan? (gun/eko/c9/fat)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia