Jawa Pos

Dua Mahasiswa Indonesia Tiba Hari Ini

-

JAKARTA – Dua mahasiswa Indonesia yang ditahan pihak Kepolisian Mesir, Muhammad Hadi dan Nurul Islam Elfis, dipulangka­n kemarin (1/9). Mereka dijadwalka­n tiba hari ini di tanah air.

Duta Besar Indonesia di Kairo Helmy Fauzi menjelaska­n, dua hari sebelumnya KBRI Kairo menerima informasi dari Kantor Pusat Imigrasi Mesir bahwa Pemerintah Mesir menyetujui pemulangan dua mahasiswa asal Sumatera Barat itu.

”Setelah memperoleh konfirmasi deportasi itu, KBRI segera mengatur kepulangan mereka,” kata Helmy.

Keduanya pun bertolak dari Kairo ke Abu Dhabi dengan meng- gunakan pesawat Etihad EY 654 pukul 13.10 kemarin. Mereka melanjutka­n perjalanan ke Singapura, lalu ke Jakarta. Keduanya dijadwalka­n tiba di Jakarta pukul 13.10 hari ini (2/9).

Sebelum mendapatka­n informasi pemulangan dua mahasiswa tersebut, KBRI Kairo beberapa kali melakukan kunjungan ke tempat mereka ditahan. Kunjungan terakhir dilakukan Selasa (29/8). Kala itu kunjungan dilangsung­kan istri Dubes di Kairo, Dwi Ria Latifa, dengan didampingi fungsi protokol dan konsuler KBRI setempat.

Tim dari KBRI melihat langsung kondisi dua WNI tersebut. Tim itu meminta dan mengupayak­an perlakuan yang layak dari aparat keamanan terhadap dua mahasiswa tersebut selama di tahanan. Tim KBRI juga memberikan bantuan berupa pakaian, makanan, dan kebutuhan sehari-hari.

Terkait dengan kondisi dua mahasiswa itu, Helmy memastikan bahwa kondisi mereka baik dan sehat. Pada kesempatan tersebut, Helmy sempat berbicara melalui telepon dengan keduanya untuk menanyakan kondisi kesehatan masing-masing. ”Dua mahasiswa tersebut menyampaik­an bahwa mereka tidak pernah mengalami kekerasan fisik yang dilakukan aparat keamanan dan berada dalam keadaan sehat,” tutur Helmy. (and/c15/ttg)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia