Jawa Pos

BUKAN PENENTU KEGAGALAN

-

AMSTERDAM – Akankah Belanda kembali menjadi penonton di Kekhawatir­an itu muncul seiring kekalahan 0-4 oleh Prancis pada ketujuh kualifikas­i Piala Dunia 2018 Jumat lalu (1/9). Kekalahan tersebut membuat Oranje–julukan timnas Belanda– terperosok ke peringkat keempat klasemen grup A dan baru mengantong­i 10 poin.

Padahal, hanya juara grup yang langsung lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Sementara itu, Belanda masih tertinggal enam poin dari pemuncak klasemen (Prancis). Posisi Arjen Robben dkk makin kritis lantaran kualifikas­i Piala Dunia 2018 zona UEFA hanya menyisakan tiga pertanding­an. Artinya, laga menjamu Bulgaria di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, malam nanti bisa menjadi penentu kegagalan Belanda. Gagal? Ya, meski Belanda bisa mengalahka­n Bulgaria, tiket lolos otomatis lepas jika pada laga lain Prancis berhasil menaklukka­n Luksemburg. Di atas kertas, Prancis tak akan mengalami kesulitan untuk membekap tim juru kunci grup A tersebut.

Bagaimana jalur Kans untuk merebut posisi delapan pun sangat berat. Bahkan, peluang tersebut bisa melayang jika Belanda kalah oleh Bulgaria, sementara pada laga lain Swedia berhasil menaklukka­n Belarus. Ingat, Belanda masih harus menghadapi Swedia pada

terakhir grup A (11/10). Nah, menilik terjalnya jalan yang harus dilalui Oranje, Robben dkk tak ingin laga melawan Bulgaria malam nanti menjadi penentu kegagalan. Peluang harus terjaga. Namun, Bulgaria juga kerap memunculka­n derita bagi Belanda. Hal itu diakui Robben. Kapten timnas Belanda tersebut sudah tiga kali kalah oleh Bulgaria. Kekalahan terakhir diderita Belanda saat melawat ke Sofia (26/3). Saat itu Belanda takluk 0-2. ”Tapi, untuk kali ini kami layak memenangin­ya,” tandas Robben seperti dikutip

Menurut Robben, kesuksesan Bulgaria mengalahka­n Swedia 3-2 di Sofia lalu tak akan berlanjut di Amsterdam. Dia menganggap itu hanya kebetulan. Faktanya, Bulgaria selalu kalah dalam tiga lawatan di grup A. Mulai kalah 1-4 oleh Prancis (8/10), 0-3 saat melawan Swedia (11/10), hingga 1-2 oleh Belarus (10/6). Itulah yang membuat Robben percaya diri dengan kans timnya saat ini. ”Kami harus mengambil semua peluang di depan kami. Tidak boleh selip satu pun di antara tiga pertanding­an terakhir kami,” ucap pemain yang sudah mencatat 93 di timnas Belanda itu. (ren/c11/bas)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia