Jawa Pos

Unggulan Putra Kian Langka

Sharapova Balas Kritik Wozniacki

-

NEW YORK CITY – Grand

slam Amerika Serikat (AS) Terbuka 2017 benar-benar tidak ramah kepada unggulan sepuluh besar tunggal putra. Makin banyak petenis dalam daftar unggulan yang tersisih sebelum memasuki pekan kedua alias babak keempat. Setelah Alexander Zverev (unggulan keempat), Grigor Dimitrov (unggulan ketujuh), dan Jo-Wilfried Tsonga (unggulan kedelapan) angkat koper di babak kedua, kemarin dini hari WIB giliran unggulan keempat Marin Cilic yang harus pulang di babak ketiga.

Petenis Kroasia itu bukan satu-satunya unggulan sepuluh besar yang tersingkir kemarin. Ada juga petenis tuan rumah John Isner (unggulan kesepuluh) yang takluk oleh petenis Jerman Mischa Zverev.

Cilic takluk di tangan unggulan ke-29 Diego Schwartzma­n ( Argentina) 6-4, 5-7, 5-7, 4-6. Bagi Scwartzman, kemenangan tersebut sekaligus mebuatnya kali pertama melenggang ke babak 16 besar

grand slam sepanjang karir. ’’Saya mengambil kesempatan karena ba nyak pemain yang cedera minggu ini,’’ ucap petenis 25 tahun itu sebagaiman­a dilansir BBC. Scwartzman patut merasa beruntung. Pada laga ke- marin, Cilic tidak mampu tampil maksimal. Dia masih diganggu cedera otot kaki kiri yang dialami dalam pertanding­an final Wimbledon kontra Roger Federer Juli lalu. ’’Cedera ini punya pengaruh besar akan hasil pertanding­an. Saya tidak bisa menge luar kan kemampuan terbaik. Saya sudah berusaha keras dengan pukulan dan servis, namun gagal,’’ jelas Cilic yang merupakan juara AS Terbuka 2014.

Setali tiga uang dengan sektor putra, di tunggal putri para unggulan sepuluh besar juga banyak yang gugur. Lima unggulan yang gugur adalah Simona Halep, Caroline Wozniacki, Angelique Kerber, Johanna Konta, dan Svetlana Kuznetsova.

Di lain sisi, Maria Sharapova kemarin memastikan diri melaju ke babak 16 besar. Itu terjadi setelah mantan ratu tenis dunia tersebut menumbangk­an petenis tuan rumah Sofia Kenin dua set langsung, 7-5, 6-2.

Sharapova kemarin juga memberikan statement balasan terkait kritik keras Wozniacki tentang pertanding­annya yang selalu ditaruh di

center court oleh pihak panitia. ’’Saya tidak ikut membuat jadwal,’’ ucap Sharapova. ’’Jika harus bermain di lapangan parkir, saya tetap akan senang untuk melakukann­ya,’’ tambahnya. ( irr/ c4/ ady)

 ?? ADAM HUNGER/AP - ELSA/AFP - GRAFIS: ANDREW/JAWA POS ?? TUMBANGKAN RAKSASA: Selebrasi petenis Argentina Diego Schwartzma­n setelah menundukka­n Marin Cilic (Kroasia) pada babak ketiga kemarin WIB.
ADAM HUNGER/AP - ELSA/AFP - GRAFIS: ANDREW/JAWA POS TUMBANGKAN RAKSASA: Selebrasi petenis Argentina Diego Schwartzma­n setelah menundukka­n Marin Cilic (Kroasia) pada babak ketiga kemarin WIB.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia