Jawa Pos

Bupati Kanang Kembangkan Adventure Tourism

Terbangkan 44 Paramotor, Pecahkan Rekor Muri

-

BERBAGAI event-event spesial terus dihelat Pemkab Ngawi dalam beberapa bulan belakangan. Terbaru adalah Paramotor Ngawi 2017 yang semakin menguatkan image Ngawi sebagai destinasi bergengsi adventure tourism. Kehebohan itu terlihat dari puluhan paramotor yang berterbang­an menghiasi langit-langit Ngawi kemarin (3/9).

Sontak, aksi spektakule­r tersebut menyita banyak perhatian warga Ngawi. Selain memang meriah, jumlah tersebut merupakan terbanyak dari yang pernah ada. Perhelatan tersebut pun mendapat apresiasi khusus dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri) sebagai pemecah rekor penerbang paramotor terbanyak.

Ajang yang dihelat untuk memeriahka­n perayaan HUT Kemerdekaa­n RI ke-72 dan HUT Kabupaten Ngawi ke-659 itu terselengg­ara dua hari, 2-3 September 2017. Yang membuat Paramotor Ngawi 2017 semakin spesial adalah keikutsert­aan sang Bupati, Budi ”Kanang” Sulistyono. Beliau ikut terbang membelah langit Ngawi memimpin para peserta Paramotor Ngawi 2017. Tanpa ragu, Kakek yang akan memiliki dua cucu itu terbang di atas ketinggian 600 meter.

”Kami ingin Kabupaten Ngawi muncul ke permukaan dan lebih dikenal masyarakat bukan hanya sebagai Ngawi Ramah, tapi juga Ngawi sebagai Kota Adventure. Kami juga telah siapkan beberapa fasilitas tersebut, mulai dari trail, jetski, sepeda, off road, hingga paramotor,” papar Kanang.

Tiga titik tempat yaitu dua lokasi di Desa Grudo dan satu lokasi di Desa Klitik dipilih sebagai lokasi take-off plus landing Paramotor Ngawi 2017. Para peserta pun berkelilin­g sekaligus menikmati keindahan panorama alam Kabupaten Ngawi dari ketinggian.

”Selain menguatkan identitas Ngawi sebagai Kota Adventure, ini juga salah satu ajang untuk memperkena­lkan potensi wisata kami. Bahwa Ngawi tak hanya indah dinikmati dari darat, tapi juga indah dinikmati dari udara. Untuk itu kami mengajak para penerbang menikmati wisata Ngawi dari dua sisi. Dari darat dan udara,” ujar Kanang.

Dengan mengganden­g Federasi Aero Sport Indonesia (FASI), ajang paramotor itu diikuti 44 penerbang dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan, ada dua warga negara Australia berpartisi­pasi. Para penerbang pun antusias dan saling unjuk gigi memamerkan skill mengendara­i paramotor. Cuaca panas tak mengurungk­an semangat para penerbang. Tak sedikit dari mereka yang mengaku puas dengan keindahan alam Kabupaten Ngawi.

Sementara itu, rekor penerbang paramotor sebelumnya dipegang Denpasar dengan 30 peserta pada 2016. Dengan begitu, rekor penerbang terbanyak sah menjadi milik Kabupaten Ngawi yang mampu mengumpulk­an 44 peserta. Perwakilan Muri, Sri Widayati, secara langsung memberikan penghargaa­n tersebut kepada Kanang tepat di akhir acara.

Rasa syukur pun dilontarka­n oleh Kanang. Selain berhasil memecahkan rekor Muri, event tersebut dapat menjadi bentuk pariwisata baru yang siap menyambut wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

”Banyak para penerbang yang puas dan bangga karena turut terlibat dalam pemecahan rekor tersebut. Ke depan, Ngawi akan terus bersolek demi mewujudkan cita-cita Ngawi. Baik dari sektor industri, wisata, hingga adventure yang juga sudah kami siapkan,” tegas Kanang.

Kabupaten Ngawi memang serius mengemas adventure tourism menjadi salah satu daya tarik. Sebelumnya, Ngawi sukses menghelat berbagai ajang seperti Off Road Ngawi Spektakule­r Country Road to Destinatio­n Wisata Ngawi dan Ngawi Real Adventure. (zul/kkn)

 ?? PEMKAB NGAWI FOR JAWA POS ?? SENSASI SERU: Bupati Ngawi Budi ”Kanang” Sulistyono (kanan) ikut terbang memimpin peserta Paramotor Ngawi 2017 kemarin (3/9). Muri menyerahka­n piagam pemecahan rekor kepada Kanang saat penutupan event (foto kanan).
PEMKAB NGAWI FOR JAWA POS SENSASI SERU: Bupati Ngawi Budi ”Kanang” Sulistyono (kanan) ikut terbang memimpin peserta Paramotor Ngawi 2017 kemarin (3/9). Muri menyerahka­n piagam pemecahan rekor kepada Kanang saat penutupan event (foto kanan).
 ?? PEMKAB NGAWI FOR JAWA POS ??
PEMKAB NGAWI FOR JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia