Jawa Pos

Get Ready Malang, Tangkis Datang!

-

TANGKIS Jawa Pos For Her berupaya menyebarka­n virus semangat melindungi anak-anak ke seluruh Jawa Timur. Rabu (6/9) tim Tangkis bakal menyambang­i SMP Negeri 26 Malang. Sama seperti road show sebelumnya, For Her kembali mengampany­ekan pencegahan kejahatan seksual, anti-bullying, serta pembiasaan internet sehat kepada anak-anak.

Dalam road show ketiga, tema yang diangkat adalah Pentingnya Membentuk Karakter Remaja Tangguh. Terutama dalam menghadapi perundunga­n. Pada era serbamoder­n, bullying tidak hanya terjadi di dunia nyata. Di dunia maya, anak pun rawan mendapat perlakuan kurang menyenangk­an. Orang terdekat hingga teman bisa jadi lawan.

”Kunci memutus bullying ini, ya, dari orang tua. Ayah dan ibu diharapkan bisa membimbing anak punya karakter tahan banting supaya terhindar dari bullying,” papar Nurlita Endah Karunia SPsi MPsi. Pakar psikologi sekaligus dosen Universita­s Surabaya (Ubaya) itu bakal menjadi salah seorang pengisi acara dalam road show pertama untuk level SMP tersebut.

Anak usia SMP boleh dibilang cukup rawan menerima perlakukan buruk. Baik kekerasan seksual, bullying, maupun terpapar konten negatif dari internet. Di antara ketiganya, perundunga­n alias bullying paling mengancam. Baik online maupun offline. Apalagi, mereka sedang senangsena­ngnya main media sosial. Nurlita menjelaska­n, jika anak memiliki ketahanan mental dan karakter kuat, para perundung enggan datang. ”Kalau anak punya percaya diri atau self esteem bagus, mereka tentu berani ambil tindakan tegas,” ucap dosen yang akrab disapa Lita tersebut. Senjata lainnya adalah dukungan sosial yang bagus dari keluarga.

Dalam road show Rabu nanti, Lita berharap bisa banyak berbagi dengan orang tua murid. ”Nanti kita bahas bersama, siklus bullying dari sisi pelaku dan korban serta tanda-tanda anak yang jadi korban,” janjinya.

Kampanye Jawa Pos For Her untuk menciptaka­n lingkungan yang nyaman bagi anak tidak hanya sebatas road show. Komunitas perempuan di seluruh Indonesia bisa berpartisi­pasi menyuaraka­n pencegahan kejahatan seksual, anti-bullying, dan menggalakk­an internet sehat. Yakni, melalui Tangkis Community Competitio­n. Tiap komunitas terdiri atas minimal lima perempuan berusia lebih dari 18 tahun yang bisa beradu kreatif mengampany­ekan satu di antara tiga hal di atas. Kirim laporan kegiatan di laman forher.jawapos.com. (fam/c16/na)

 ?? ARYA DHITYA/JAWA POS ?? GOES TO MALANG: Suasana road show Tangkis Teen di SMPN 33 Surabaya pada 2016 silam. Rabu nanti, Tangkis mampir di SMPN 26 Malang.
ARYA DHITYA/JAWA POS GOES TO MALANG: Suasana road show Tangkis Teen di SMPN 33 Surabaya pada 2016 silam. Rabu nanti, Tangkis mampir di SMPN 26 Malang.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia