Jawa Pos

Tuntas, Jalur Rekreasi 24 Ribu Km di Kanada

Bisa Dipakai untuk Bersepeda, Kano, Berkuda, dan Hiking

- (road.cc/fam/c10/ang)

OTTAWA – Inilah jalur rekreasi terpanjang di dunia. Trans Canada Trail sepanjang 24 ribu kilometer, sudah terhubung seluruhnya Sabtu waktu setempat (2/9). The Great Trail –sebutan jalur itu– bisa digunakan untuk bersepeda, berlari, hiking, bersepeda, berkuda, ski lintas negara, mobil salju, dan lain-lain.

”Proyek ini merupakan kado manis buat 25 tahun proyek The Great Trail sekaligus ulang tahun ke-150 Kanada.” Demikian pernyataan pengelola dalam situs resmi The Great Trail.

Panjang The Great Trail tentu saja wow. Beratus kali lipat lebih panjang daripada jalan bebas hambatan kendaraan bermotor di Jerman yang hanya 62 km. Sebelumnya jalan di Jerman itu bikin heboh meski hanya puluhan km.

The Great Trail akan menghubung­kan segenap penjuru Kanada. Mulai pegunungan, pantai, perkotaan, hingga perkebunan. Trek itu juga menghubung­kan kotakota besar di Kanada seperti St John’s (Newfoundla­nd and Labrador), Victoria (British Columbia), dan Tuktoyaktu­k di kawasan barat daya.

Di situs peta interaktif The Great Trail, ada dua jenis trek. Yakni, road track (warna hijau) dan water track (warna biru). Dari foto yang diunggah di situs pengelola, tidak semua jalan bakal berupa aspal. Ada beberapa ruas berupa titian kayu, jalanan tidak beraspal khas pedesaan, serta jalanan setapak yang membelah perkebunan.

Meski telah terhubung semuanya, belum semua proyek itu tergarap. Sejauh ini, baru 87 persen trek yang telah dirampungk­an. Totalnya sepanjang 20.770 kilometer.

Para pengguna yang pernah menjajal The Great Trail menyatakan, pada beberapa bagian kondisi trek belum sesuai ekspektasi. Salah satunya dirasakan Richard Roussey, pesepeda asal British Columbia. Lama-kelamaan, keluhan itu akan terjawab. Bagaimanap­un, The Great Trail memiliki fondasi terkuat, untuk menjadi trek wisata terhebat di dunia.

 ?? ROAD.CC ?? JANGKAU PENJURU NEGERI: Pesepeda melewati jembatan kayu yang menghubung­kan daratan yang dipisahkan perairan. Bawah, pesepeda melewati jalan aspal di daerah pegunungan.
ROAD.CC JANGKAU PENJURU NEGERI: Pesepeda melewati jembatan kayu yang menghubung­kan daratan yang dipisahkan perairan. Bawah, pesepeda melewati jalan aspal di daerah pegunungan.
 ??  ??
 ?? HERLAMBANG BINTANG/JAWA POS ??
HERLAMBANG BINTANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia