Jawa Pos

Kans Menembus Zona Nyaman

-

BUENOS AIRES – Argentina memang masih menempati zona playoff atau peringkat kelima klasemen sementara kualifikas­i Piala Dunia zona Conmebol. Namun, kans Lionel Messi dkk menembus zona nyaman terbuka lebar pekan ini. Sebab, ketika para rival harus menemui lawan berat, Argentina ’’ hanya ’’ mengha - dapi tim juru kunci Venezuela di Estadio Monumental Antonio Vespucio Liberti, Buenos Aires, Rabu lusa (6/9).

Ya, kans Messi dkk meraih poin maksimal sekaligus menembus posisi empat besar (zona lolos otomatis ke Piala Dunia 2018) sangat besar. Itu jika dibandingk­an dengan Uruguay yang harus melawat ke Asuncion untuk menghadapi Paraguay. Pesaing lainnya, Cile, harus terbang ke La Paz untuk melawan Bolivia. Kans merangsek ke posisi runner-up pun terbuka. Itu terjadi lantaran Kolombia harus menjamu Brasil.

Meski lawan relatif lebih ringan, Jorge Sampaoli selaku arsitek Argentina tak mau terlena. Sampaoli meminta pemainnya berjuang sepenuh hati di lapangan.

’’Kami berharap pertanding­an berikutnya tidak hanya dimainkan oleh 11 pemain, melainkan 40 juta rakyat Argentina,’’ kata Sampaoli kepada Marca. ’’Tidak ada jalan lain, kami harus menang atas Venezuela,’’ tandasnya.

Venezuela baru mengantong­i tujuh poin. Tim asuhan Rafael Dudamel itu juga sudah tak punya peluang lolos. Namun, kondisi tersebut justru lebih menyulitka­n Messi dkk. ’’Mereka (Venezuela) bakal bermain lebih rileks,’’ ingat Sampaoli.

Fakta bahwa Venezuela adalah tim terlemah dimanfaatk­an Sampaoli untuk melakukan rotasi. Salah satu yang pasti dirotasi adalah posisi Gabriel Mercado. Gelandang 30 tahun tersebut absen karena akumulasi kartu kuning.

Itu bisa menjadi kesempatan tampil bagi Ever Banega atau Javier Mascherano. Keduanya hanya berada di bangku cadangan saat Argentina melawan Uruguay. ’’Kami akan melihat perkembang­an terakhir dari Javier (Mascherano) untuk posisi itu. Sebab, kemampuan dan pengalaman­nya sangat berguna bagi kami,’’ ujar mantan pelatih Sevilla dan timnas Cile tersebut.

Sementara itu, di lini depan, tampaknya tak akan ada perubahan. Tridente Paulo Dybala, Mauro Icardi, dan Lionel Messi diprediksi masih menjadi starter. ’’Kami masih optimistis dengan peluang yang ada. Sebab, saya melihat semangat yang luar biasa dari para pemain,’’ lanjut Sampaoli. (io/c19/bas)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia