Jawa Pos

Latihan, lalu Mengintip Pesaing

-

YANGON – Timnas U-19 Indonesia yang akan bertarung dalam Piala AFF U-18 2017 tiba di Yangon, Myanmar, sejak Sabtu (2/9). Mereka tergabung dalam grup B bersama tuan rumah Myanmar, Vietnam, Filipina, dan Brunei Darussalam. Tim asuhan Indra Sjafri itu sudah mulai berlatih kemarin.

Memang belum berlatih game, kemarin Rachmat Irianto dkk hanya berlatih ringan seperti senam dan skipping di halaman Olympic Hotel, Yangon. Rencananya, baru hari ini mereka akan menjalani latihan resmi kali pertama di Yangon. ”Pemain saat ini dalam posisi siap tempur,” kata Indra Sjafri kemarin.

Kalau sesuai jadwal, Indonesia baru bertanding besok (5/9) melawan tuan rumah Myanmar di Thuwunna Stadium. Selain latihan, agenda hari ini bagi Indra Sjafri adalah memantau pertanding­an di grup A yang dihuni oleh Thailand, Malaysia, Timor Leste, Laos, Kamboja, dan Singapura.

”Seperti yang saya katakan, tidak ada lawan yang mudah di sini. Kami harus serius dalam menjalani setiap pertanding­an. Kami juga perlu mengetahui kekuatan lawan di grup lain,” ungkap pelatih 54 tahun itu.

Persiapan dilakukan oleh Indra sejak Februari lalu. Dia blusukan ke berbagai daerah di tanah air untuk mencari bakat yang bisa menghuni skuadnya. Lalu, pada Mei–Juni lalu, mereka mengikuti Toulon Tournament, sebuah turnamen sepak bola untuk kelompok usia muda di Prancis.

Sementara itu, kemarin juga menjadi hari istimewa buat kapten timnas U-19 Rachmat Irianto. Bek Persebaya Surabaya tersebut berulang tahun yang ke18. Kejutan pun didapatkan­nya dari pelatih dan para pemain. Paginya seluruh skuad memberikan kue ulang tahun dan menyanyika­n lagu untuknya.

” Tadinya saya pikir tidak akan disapa oleh teman-teman semua selama seharian. Jadi, kejutannya nanti istimewa. Ternyata semua tetap menyapa saya,” canda pemain jebolan klub internal Persebaya Indonesia Muda itu. (dit/ c20/ ham)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia