Jawa Pos

Sama-Sama Sisakan Empat Top Ten

-

NEW YORK – Skenario semifinal yang bakal mempertemu­kan Rafael Nadal dengan Roger Federer masih terjaga. Nadal dan Federer memastikan melaju ke babak 16 besar grand slam Amerika Serikat (AS) Terbuka kemarin dini hari WIB. Jika terwujud, itu akan menjadi pertemuan dua petenis mantan nomor satu dunia tersebut kali keempat sepanjang 2017.

Syaratnya tentu keduanya harus mengunggul­i lawanlawan­nya di 16 besar dan perempat final. Nadal melaju ke babak 16 besar dengan menaklukka­n petenis Argentina Leonardo Mayer dalam empat set, 6-7, 6-3, 6-1, 6-4. Sementara itu, Federer menumbangk­an lawannya, Feliciano Lopez (Spanyol), 6-3, 6-3, 7-5.

’’Menang straight set atas Feliciano yang merupakan salah seorang rival kuat di kom petisi ini rasanya luar biasa,’’ ucap Federer sebagaiman­a dilansir AFP. Pada laga itu, petenis 36 tahun tersebut hanya membutuhka­n waktu 1 jam 46 menit. Di babak 16 besar Federer ditantang petenis Jerman Philipp Kohlschrei­ber.

Satu unggulan sepuluh besar lain yang memastikan diri melaju ke babak 16 adalah petenis Austria Dominic Thiem. Petenis 23 tahun tersebut menaklukka­n petenis Prancis Adrian Mannarino tiga set langsung, 7-5, 6-3, 6-4, kemarin dini hari WIB. Namun, di babak 16 besar Thiem akan menemui jalan terjal karena bersua juara AS Ter- buka 2009 Juan Martin del Potro.

Di sisi lain, Nadal di babak 16 besar bakal dihadang petenis Ukraina Alexandr Dolgopolov. ’’Hal terbaik yang aku dapat di laga kemarin adalah bangkit dari rasa frustrasi untuk fokus meraih poin. Ini mental yang baik,’’ ucap Nadal.

Hasil kemarin membuat AS Terbuka telah mendapat 16 pemain terakhir tunggal putra yang bertarung di second week. Yang memprihati­nkan, di antara 16 petenis yang lolos, hanya empat pemain yang berstatus unggulan 10 besar. Selain Nadal, Federer, dan Thiem, satu lagi adalah petenis Belgia David Goffin.

Di sektor tunggal putri tidak lebih baik. Unggulan sepuluh besar dalam nomor tersebut juga sama dengan tunggal putra, hanya mengirim empat wakil ke babk 16 besar. Enam petenis yang lain sudah pulang. Empat petenis top ten yang tersisa itu Karolina Pliskova (Republik Ceko), Garbine Muguruza (Spanyol), Elina Svitolina, dan Venus Williams (AS).

Unggulan pertama Pliskova saat bertanding di babak 32 besar kemarin dini hari WIB bahkan nyaris mendapat mimpi buruk. Dia dipaksa ber tarung tiga set oleh unggulan ke-27 Zhang Shuai (Tiongkok), 3-6, 7-5, 6-4. Di set kedua Pliskova berhasil lolos dari jurang kekalahan setelah Zhang Shuai mendapat match point lebih dulu.

’’Jelas, permainank­u harus meningkat di laga selanjutny­a. Pukulanku membaik setelah lolos dari set kedua. Aku hanya terus berusaha melakukan rally dan menunggu kesempatan mematikan bola,’’ ucap petenis Republik Ceko tersebut. Di babak 16 besar dia ditantang petenis non unggulan tuan rumah Jennifer Brady. (irr/c4/ady)

 ??  ?? KANS BERTEMU: Dua mantan petenis nomor satu dunia, Roger Federer dan Rafael Nadal (atas), melaju mulus ke babak 16 besar AS Terbuka 2017.
KANS BERTEMU: Dua mantan petenis nomor satu dunia, Roger Federer dan Rafael Nadal (atas), melaju mulus ke babak 16 besar AS Terbuka 2017.
 ??  ??
 ??  ?? teamwork ork
teamwork ork

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia