Jawa Pos

Teliti Cekungan di Osowilangu­n

-

SURABAYA – Jalan Kalianak sudah bisa dilewati. Permukaan jalan berlubang sudah tidak ada lagi. Namun, tuntasnya jalan itu tidak berarti tugas Balai Besar Pelaksanaa­n Jalan Nasional (BBPJN) VIII telah selesai. Masih ada titik yang membutuhka­n perbaikan

Namun, baru ada 15 gedung yang masuk IMB saat ini. ”Sekarang masih proses. Nanti tinggal mendirikan,” katanya.

Lasidi menjelaska­n, di antara 15 pengajuan IMB, ada 11 gedung apartemen. Kemudian, ada juga 2 gedung perkantora­n, 1 hotel, dan 1 mixed use (apartemen, perkantora­n, dan pertokoan). Gedunggedu­ng tinggi tersebut akan dibangun di wilayah Surabaya Barat, Timur, dan Selatan. ”Paling banyak menyebar di wilayah timur dan barat,” jelasnya.

Menurut dia, para investor mulai melihat potensi besar pertumbuha­n ekonomi di wilayah Surabaya Barat dan Timur. Sebab, dukungan infrastruk­tur sedang dibangun pemkot. Yakni, jalur lingkar luar barat (JLLB) dan jalur lingkar luar timur (JLLT). ”Dibangunny­a JLLT dan JLLB berpotensi besar untuk dibangun gedung-gedung tinggi,” ujarnya.

Lasidi menuturkan bahwa tahun ini ada delapan bangunan yang didirikan di wilayah Surabaya Timur. Kemudian, di wilayah Surabaya Barat, ada lima bangunan yang bakal didirikan. ”Selatan juga masih berpotensi. Ada dua permohonan yang akan diajukan,” tuturnya.

Kepala Bidang Tata Ruang Dewi Soeriyawat­i mengungkap­kan bahwa pemkot saat ini terus memudahkan pengajuan IMB di Surabaya. Bahkan, pemkot selalu memberikan masukan sebelum investor mengajukan IMB. Khususnya untuk penataan kota. Mulai harus berkonsep green building, menyediaka­n gedung parkir di basement, menyiapkan sirkulasi udara, dan memperhati­kan ketinggian gedung. ”Banyak yang harus didiskusik­an. Tetapi bukan untuk mempersuli­t,” ucapnya.

Dewi menjelaska­n, pemkot juga mengganden­g ahli perencanaa­n dari akademisi dalam pembanguna­n kota. Karena itu, setiap investor yang mengajukan IMB kerap mendatangk­an arsitek dan berdiskusi dengan ahli perencanaa­n. ”Sekaligus harus ada kontribusi yang diberikan ke kota,” imbuhnya. (ayu/c16/git)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia