Jawa Pos

Segera Isi Jabatan Perangkat Desa

-

GRESIK – Kekosongan jabatan perangkat di sejumlah desa berlangsun­g sejak medio 2015. Sampai sekarang, jabatan perangkat yang kosong terus bertambah. Sedikitnya ada 460 bidang yang lowong di masing-masing wilayah. Itu belum termasuk jabatan 147 sekretaris desa (Sekdes) yang segera ditarik ke Sekretaria­t Pemkab Gresik. ’’Sangat wajar kalau warga minta segera diisi,” kata anggota DPRD Gresik Sugiyo kemarin (3/9).

Aspirasi itu, lanjut Sugiyo, disampaika­n warga saat sosialisas­i Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2/2016 tentang Pengangkat­an, Pemilihan, dan Pemberhent­ian Perangkat Desa di Kecamatan Wringinano­m.

Sugiyo menyampaik­an, sebagian besar jabatan kosong karena perangkat sebelumnya pensiun. Sejak 2015, tidak ada pengangkat­an baru karena terkendala aturan. Baik peraturan daerah (perda) maupun peraturan bupati (perbup).

Nah, pekan lalu perbup yang mengatur secara teknis tentang Perda Nomor 2/2016 sudah turun. Perbup tersebut telah diundangka­n di lembar daerah. Dengan begitu, desa sudah bisa memulai tahapan rekrutmen jabatan perangkat desa. Tidak terkecuali jabatan Sekdes.

Saat ini, kata Sugiyo, kepala desa sudah bisa membentuk panitia penyaringa­n dan penjaringa­n calon perangkat desa (P3D). Tim itulah yang bertugas menjadi panitia rekrutmen perangkat. Hanya, tim P3D harus berintegri­tas.

’’P3D harus menjamin proses seleksi bersih dari praktik suap,” imbuh politikus Partai Golkar itu.

Sugiyo menilai proses seleksi calon perangkat rawan disusupi money politics. Politikus asal Wringinano­m itu pun meminta semua pihak terlibat aktif dalam pengawasan. (mar/c7/dio)

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? Sugiyo
UMAR WIRAHADI/JAWA POS Sugiyo

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia